--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>   Mas Sutan, Islam itu Universal Mas.....mosok enggak tahu sich ?,
lha koq memandang Islam cuma dari Negara / orang ARAB aje...piye
tho ?....jangan-jangan Mas Sutan jarang membuka kitab Suci
ya ?....kasihan dong kalau begitu. Bagaimana kalau kita belajar
bersama dan berbagi ?

lha itu tulisan lagi membahas dunia arab. katanya sebentar lagi akan
ada kebangkita islam dari situ, hanya berdasar pada kemungkinan akan
bangkitnya nasionalisme arab. bagi saya itu muskil. dunia arab
sedang sibuk dengan dirinya sendiri, ndak akan ada kebangkitan
nasionalisme arab.

kalaupun ada itu nggak cukup untuk kebangkitan. karena kita butuh
kebangkitan teknologi, yang sama sekali belum dimulai di dunia islam
secara umum. padahal kebangkitan teknologi itu membutuhkan waktu
yang sangat panjang. mungkin kita akan butuh 50 tahun untuk sejajar
dengan korea, misalnya. untuk sejajar dengan amerika butuh lebih
banyak waktu lagi.

kapan mulai dan kapan bangkitnya?

>   Tak kasih rahasia kenapa saudara-saudara kita yang di Eropa dan
Amerika itu maju ?, karena filsafat hidup mereka yang positif. Mas
Sutan ini katanya orang pinter lha koq engga mau memberikan semangat
hidup yang positif kepada saudara-saudara sesama muslim ?, lalu
kepandainnya untuk siapa dong?...ini bertanya lho .....boleh tho ?

kasih semangat itu bagus aja. tapi perlu berhitung juga. optimis
tanpa perhitungan, sama aja dengan madat. nah, tulisan itu mau bikin
optimis atau sedang bikin perhitungan? kalau mau madat ya silahkan
saja. tapi kalau sedang bikin perhitungan, saya bilang
perhitungannya meleset jauh. karena tidak bersandar pada fakta, tapi
ilusi.

>   PS.
>   Jano-ko juga tidak setuju dengan perbuatan oknum-oknum orang-
orang itu, tapi sebaiknya kalau menilai orang-orang itu jangan
digebyah uyah....nanti yang tidak berdosa juga kena getahnya. And
yang berbuat itu juga belum tentu orang Islam, karena di ARAB sono
banyak juga yang non Islam.

hehe, cuma becanda kok.