Allah tidak akan menciptakan kejahatan, karena Dia adalah Maha Baik. Tanpa
Allah, maka niscaya tidak akan ada kebaikan. Dia adalah demikian Maha Baik
bahwa Dia menciptakan kebaikan melulu.

Tetapi Allah menciptakan semua "potensi" / kemampuan, apakah potensi untuk
berbuat buruk maupun potensi untuk berbuat baik. Lalu Allah memberikan
ilham (pilihan) kepada dua jalan, jalan untuk berbuat baik dan jalan untuk
berbuat buruk. Tetapi Allah tidak menghendaki manusia kecuali untuk
berbuat baik saja. Allah tidak menghendaki manusia untuk berbuat jahat.
Maka jika manusia berbuat jahat maka itu adalah dari pilihan manusia itu
sendiri, dari (keinginan) diri manusia itu sendiri, bukan dari (keinginan)
Allah.

WalLaahu a'lam.

irwank <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
09/07/2006 11:50 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: APAKAH TUHAN MENCIPTAKAN KEJAHATAN?

Saya gak paham detil soal ayat".. :-)
Yang saya pahami adalah:

* Eksistensi Allah (Tuhan dalam bahasa umum) tidak sedikitpun tergantung
dari
  penilaian makhluq-nya.. Dia tidak berkurang kekuasaannya meskipun
disebut
  lemah/diam saja atas terjadinya bencana/penyakit/perang seperti dituding
   beberapa orang, dsb..

* Allah itu punya sifat yang wajib dan mustahil.. mis: Allah itu Ada,
mustahil tidak ada..
  Dia Kekal/Abadi, mustahil Fana/ada batas waktu.. Dia Maha Kuasa,
mustahil
lemah.. dst..

* Manusia tidak memiliki kebebasan mutlak (free will).. yang ada hanyalah
kesempatan..
   manusia diberi kesempatan untuk berbuat/bertindak.. tapi bukan
kebebasanuntuk
   memilih akibat.. Makanya kalau ada syurga/neraka, itu hak mutlak
Allah..
   Kenapa manusia mesti takut Allah jadi terlihat  'garang' atau jahat..
atau tidak mau
   mengampuni kesalahan/dosa manusia.. :-p
   Mau Allah ngampuni atau nyiksa manusia dan jin/setan, ya suka"
Dia-lah..

* Allah demokratis? Ini namanya melekatkan istilah manusia kepadaNya..
  Allah itu Maha Kuasa, tetapi harus tunduk kepada kemauan makhluq-nya?
  Mungkin yang lebih tepat bukan demokratis.. tetapi Maha Pemurah/Pemberi
  (kesempatan).. jangan" ntar ada yang bilang Allah itu 'sosialis',
'liberal', 'komunis',
  'asyik-asyik aja jek' atau bahkan 'gaul'.. atau perlu buat istilah baru?
:D

CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K

------
From: *Godlip Pasaribu <[EMAIL PROTECTED]>*Date: *Sep 6, 2006 11:59
AM*
Subject: *Re: [Forum-Pembaca-KOMPAS] Re: APAKAH TUHAN MENCIPTAKAN
KEJAHATAN?
*

Kalau menurut pendapat saya, Allah adalah maha
pencipta atau satu-satunya pencipta dan dia hanya
menciptakan yang baik. Kalau demikian dari manakah
datangnya kejahatan itu? Sama seperti kegelapan
kejahatan itu tidaklah sejati karena tidak diciptakan
Allah. Kejahatan, sebagaimana kegelapan, begitu terang
ada maka kegelapan itu pun menghilang dan tidak tahu
ke mana larinya. Di mana Allah ada kejahatan segera menghilang.

Pertanyaannya, kenapa kita selalu melihat banyak
kejahatan? Karena di sana Allah tidak hadir, atau
manusia yang mengalami kejahatan itu tidak
menghadirkan Allah di dalam hidupnya. Jadi kejahatan
itu adalah ketidak sejatian sama seperti mimpi. Sama
seperti kalau kita melihat rumah dari Kapal Terbang
jauh di atas sana, maka rumah itu nampak hanya sebesar
korek api, tetapi kesejatiannya kan tidak demikian?
Atau kalau kita berdiri dekat rel kereta api maka akan
kelihatan seolah-olah rel kereta api itu makin jauh
makin kecil, padahal sebenarnya ya tetap sama. Apakah
Allah itu? Allah itu adalah Roh, Kebenaran, Kasih,
Hidup, Asas, Substansi, Jiwa dan segala sifat-sifat
yang mencerminkan kebaikan. Jadi tidak mungkin ada
kejahatan di dalamnya.

Menurut saya penafsiran tsb di atas lebih masuk
logika. Karena apabila Allah menciptakan kejahatan,
maka berarti dia bukan maha baik. Dan kalau Allah
menciptakan penyakit, maka percuma saja kita berdoa
menyembuhkan penyakit. Maka sebaliknya kita harus
menolak dalam pikiran kita bahwa penyakit atau
kejahatan tidak diciptakan oleh Allah karena itu
tidaklah sungguh-sungguh ada. Itu hanyalah khayalan,
hanyalah mimpi. Kita harus menegaskan dalam pikiran
kita bahwa satu-satunya Pencipta adalah Allah yang
maha baik dan maha kuasa, tidak mungkin Dia
menciptakan kejahatan atau penyakit. Maaf saya tidak
bermaksud menggurui, itu hanya pendapat saya. Salam.

On 9/7/06, abdul latif <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> Setipaperbuatan baik itu datang dari ALLAH,dan setiap perbutan buruk
> datang dari kesalahan diri sendiri, demikian ALLAH memberitahukan di
dalam
> kitab suciNya Al,Quran. sebagai berikut ini.
> Apa saja Nikmat nikmat yang kamu proleh itu datang dari Aku, apa apa
yang
> menimpa kamu (kecelakaan, kemiskinan, perkosaan dll itu) adalah karena
> kelalaianmu sendiri.Qs.4:79.
>
> Setan memang diciptakan oleh Tuhan, tapi bukanlah berarti Tuhan yang
> menciptakan kejahatan. ALLAH selalu menciptakan yang baik2 saja,karena
Tuhan

rzain <[EMAIL PROTECTED] <rzain%40indosat.net.id>> wrote:
> Ketika kita berumur tiga bulan sebagai janin Tuhan meniupkan roh
> yang berisi 99 sifat Allah yang semuanya baik, tetapi Tuhan terlebih
> dahulu menciptakan setan yang membangkan untuk menyembah manusia
> sebagai wakul Tuhan di bumi, tetapi setan menolak karena merasa
> derajat lebih tinggi yang diciptakan dari api sedangkan manusia dari
> tanah, akhirnya mendapat tugas untuk menggoda manusia. Kejahatan
> diciptakan sebagian ujian apakah sifat Tuhan yang dibawa manusia
> digunakan dengan baik, manusia yang memilih apa mau masuk neraka
> [...]

http://us.click.yahoo.com/zAINmC/Vp3LAA/i1hLAA/aYWolB/TM

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: