http://www.ranesi.nl/arsipaktua/Asia/indonesia060905/dua_tahun_sby061020

Dua Tahun Kepresidenan SBY
Dikhawatirkan Indonesia Kembali Pada Demokrasi Semu
Ranesi

20-10-2006

Jum'at 20 Oktober 2006, tepat dua tahun lalu Susilo Bambang Yudhoyono dilantik
sebagai presiden Indonesia keenam. Walau begitu dikhawatirkan SBY tetap sulit
membangun demokrasi. Kenapa demikian dan masalah-masalah apa yang menghambat
SBY? Berikut rangkuman wawancara Professor Nico Schulte Nordholt, pakar
Indonesia di Universitas Twente, Belanda, kepada Radio Nederland Wereldomroep.

Korupsi masih merajalela
Nico Schulte Nordholt [NSN]: 'Saya kira yang paling obyektif sebagai titik
berangkat memakai program SBY dan Yusuf Kalla sendiri pada waktu mereka
dilantik dua tahun yang lalu. Dan pada waktu itu kalau saya tidak salah ada
lima butir yang paling utama adalah perang anti korupsi. Kemudian memperkokoh
demokrasi, memperbaiki ekonomi keempat damai di Aceh dan Papua dan kelima
tentang kesejahteraan.'

      Dengarkan wawancara dengan Nico Schulte Nordholt

'Nah mengenai anti korupsi. Bari-baru Indonesia Corruption Watch menyuarakan
suara yang sangat prihatin. Meskipun ada beberapa kasus yang memberi harapan
bahwa ada kesungguhan menggarap masalah ini karena justru seluruh kelembagaan
yudikatif, hakim, jaksa plus polisi itu masih sangat korup. Maka hampir tidak
ada kemajuan dalam bidang itu. Jadi ini masih suatu perjuangan yang sangat
panjang.'
Niat SBY lain daripada Kalla
'Dan ini saya lihat dapat dikaitkan dengan butir kedua yaitu memperkokoh proses
demokrasi. Saya tetap percaya bahwa SBY berniat mendorong ke arah itu. Tetapi
dia kerja sama dengan Yusuf Kalla yang di dalam salah satu pidato kalau tidak
salah di Singapura pernah mengatakan bahwa demokrasi untuk Indonesia mungkin
tidak terlalu tepat.'

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: