Piagam pertama Hak Azasi Manusia ternyata BUKAN Magna Carta di
Inggris (1215M), melainkan dibuat di Persia pada jaman Cyrus II :
  http://www.thebritishmuseum.ac.uk/forgottenempire/objects/cat006.html

  The Cyrus Cylinder

Sebuah silinder terbuat dari tanah liat adalah salah satu obyek yang
paling terkenal dari jaman Persia kuno yg disimpan the British
Museum. The Cyrus Cylinder berisi tulisan ttg Kaisar Cyrus II
(559-530BC) yg menjajah Babylon th 539 SM, dan ditemukan thn 1879 di
Amran, Babylon.

  Teks merujuk kpd pemerintahan yg adil dan damai, dan pemulihan bangsa2
yg terjajah dan dideportasi beserta dgn dewa2 mereka. Oleh karena itu
the Cyrus Cylinder (obyek yg tidak berukuran lebih dari 10 cm dgn
lingkaran dalam 3-6 cm ini) dianggap sbg piagam HAM pertama di dunia.
Pada masanya-pun konsep2 HAM ini masih merupakan hal asing.

  http://www.livius.org/ct-cz/cyrus_I/babylon05.html

  Teks silinder Cyrus:
  Sebutan & silsilah Kaisar Cyrus (II)
Saya Cyrus, raja dunia, raja besar, raja sah, raja Babylon, raja
Sumeria dan Akkad, raja keempat sudut dunia, putera Cambyses, raja
besar, raja An-an, cucu Cyrus, raja besar, raja An-an, keturunan
Teispes ..dst

  great king, king of An-an, of a family which always exercised
kingship, whose rule [the gods] Bêl and Nabû love, whom they want as
king to please their hearts.

  Teks berakhir dgn pernyataan Cyrus bahwa ia "mengembalikan patung2 kpd
kuil2 semula". Ini berarti bahwa ia mengembalikan patung2 tsb kpd
bangsa2 yang dijajahnya, karena tentara pendahulunya merampas patung2
ini dan menyandera mereka agar melemahkan pengikut.

  Juga disebutkan bahwa semua penduduk jajahannya BEBAS MEMUJA DEWA
MANAPUN. Dan malah jaman raja Persia ini dikenal sbg masa yg bebas
dari pemaksaan agama tertentu (free of religious persecution), dan
Cyrus, spt juga Kaisar Prusia, Frederick the Great, pasti pernah
mengatakan:

  "Dalam kerajaan saya, siapapun berhak mencari rahmat menurut caranya
masing2." ("In my Kingdom, everyone has the right to seek blessing in
his own way".)

  Bagian pernyataan ttg kebebasan beragama inilah mengakibatkan silinder
ini disebutkan sbg sebuah piagam HAM.

  Ia juga mengatakan :
Tentara saya berjalan di Babylon dalam kedamaian. Saya tidak
mengijinkan siapapun menteror tempat manapun di Sumeria dan Akkad.
Saya bertujuan bagi kedamaian di Babylon. Bagi semua warga Babylon
yang diperbudak, saya menghapus aturan yang membatasi status sosial
mereka. Saya membawa bantuan bagi rumah2 rongsok mereka dan dgn ini
mengakhiri keluhan mereka.

  Saya juga memulihkan hak warga agar dapat kembali ke tempat semula
mereka.

  Semoga semua dewa yg telah saya kembalikan ke tempel2 dan kuil2 mereka
memberikan saya rahmat mereka. Semua dewa/tuhan saya kembalikan dalam
tempat damai dan saya akan mencoba memperbaiki tempat2 kediaman
mereka (para dewa).

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: