mba mia ikutan ttg serba serbi ketupat yaa...
di rumah klu pas lebaran dan bikin ketupat kami anak ortu kebagian peran
masing2... kakak bagian masak lauk pauk dibantu ibu sm tante2... aku sm
dua org adik bagian urusan perketupatan... ketupat dirmh jg ada dua
versi... ketupat air dan ketupat santan...
ketupat air... ya spt ketupat pada umumnya... krn direbus pake air...
cara ngisinya...nah ini yg seru..klu isinya/berasnya kurang dari stengah
tar lembek...lbh banyak dri stengah...tar keras...kt ibu aku saking
kerasnya buat nimpuk anjing aja mati..... weleh... jdi kudu bener2
pas... lebih dikit aja dri stengah...nakarnya kudu pake
perasaan...(perasaaan kelebihan nih...or perasaan kedikitan nihh....) yg
satu lagi ketupat santan... nah  klu yg ini pake santen kelapa
ngerebusnya... berasnya dua banding satu... dua  liter beras biasa
banding satu liter beras ketan....... isinya dilebihkan  dri stengah..
campuran beras ketan bisa bikin ketupat jdi lembek klu isinya
kurang..... santannya sendiri tergntung berapa banyak ketupat yg mo
dimasak... kemarin utk 45 ketupat pake santan dri lima butir kelapa...
santannya tambahkan sedikit garam..biar terasa makin gurih....... gitu
deh.. (maaf gak ditulis spt layaknya nulis resep masakan...), ketupat
santan ini paling enak dimakan sm sate garo ato ayam bakar ternate....
plus kuah brenebon (gimana tulisannya ya..?)/sop kacang merah.........
met mencoba....:)

-lami-yggakpernahbisamasakcmbisamakannyadoang-

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: