--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, radityo djadjoeri
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>   Berikut beberapa alasan dari teman saya kenapa istilah Yunani layak
> diganti:
>   1. Sebal, kenapa bangsa Indonesia tidak mencari padanannya dengan
>    menggunakan sistematika sendiri? Tak selamanya kita harus membebek
>    terus pada bangsa Arab.

nulis muter-muter, intinya cuma sentimen anti arab. kalau gitu hapuskan
aja kosa kata yang berasal dari bahasa arab dalam bahasa indonesia.
maka yang pertama akan "hilang" adalah MPR, karena nama lembaga itu
semua katanya berasal dari bahasa arab. majlis, syuura, ra'iyah.

lalu kita akan kehilangan kursi, majalah, bahkan dunia;)

mengapa sih mesti jadi inlander yang anti arab? arab yang kita adopsi
bahasanya bukanlah arab bahlul yang kita saksikan sekarang. tapi arab
superpower zaman dulu. ndak cuma kita orang indonesia yang mengadopsi
dari mereka, tapi juga peradaban barat. kimia, al-jabar, itu semua
bahasa arab. algoritma, alkali. rice (beras), coffee, race (untuk ras),
itu juga dari bahasa arab.

intinya, yang pegang kendali teknologi, ekonomi, dan militer, otomatis
juga pegang kendali budaya dan bahasa. lihat saja bagaimana anak-anak
muda kita mulai banyak pakai kosa kata bahasa jepang, sejak kebanjiran
komik-komik jepang.

jadi kalau sebal dengan dominasi bangsa lain, berjuanglah agar bangsa
sendiri lebih maju. mengganti suatu istilah hanya sekedar pindah dari
ketiak yang satu ke ketiak yang lain.

cerdas dikit napa, dit?

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional