Dalam teori...gw lupa namanya, yang dulu saya pelajari di analisa
finansial pasar modal - ini bahkan bukan teori lagi tapi etika yang
harus dipraktekkan. Kalau mendengar suatu tipe 'undisclosed news'
dari pihak perusahaan, analis bisa (bahkan wajib) mengolahnya
bersama-sama sumber lain atau hasil analisanya sendiri dalam
laporannya ke publik, dan karena itu secara nggak langsung
dikemukakan ke publik.  Ini sah saja, bahkan bisa mencegah insider
trading dan rumor yang nggak merata di pasar, yang malah jadi
destruktif.

Gossip pada bentuknya yang terbaik (bukan ghibah, lha apa istilahnya
ya?), adalah salah satu bentuk komunikasi informasi.  Kita semua
melakukan itu kok. Saya nggak bisa membayangkan dunia tanpa gossip.

Menarik bagi saya beberapa temen sharing di sini tentang profil
isteri muda, kedua, ketiga dst.  Kenapa menarik, karena mereka
biasanya tersembunyi (disembunyikan) dari wilayah publik. Bahkan
saya nggak bakal tau profil isteri pejabat PKS tetangga saya,
kecuali dari gossip. Why? Tanya kenapa.

Bedanya profil isteri pertama dengan isteri kedua, mungkin memberi
bayangan 'natural forces at work' dan bagaimana manajemen kalbu
kita.  Relasi antara laki-laki perempuan. Mungkin Pak Irwank akan
mendapatkan jawaban yang dicarinya untuk "konsep poligami yang
sebenar-benarnya nya dalam Islam".  Saya bayangkan Pak Sabri
bertepuk tangan untuk para poligamor, it's so natural katanya. Lalu
mba Chae mengingatkan soal KEADILAN, lha boleh dong kalo gitu gw
praktek 'berbagi isteri'? Sebagian cowok anggota pengajian DT,
misalnya, akan berhitung..gw nggak kebagian donggg...jelaslah di
atas kertas kebanyakan cewek maunya ke kelas Aa Gym, kelas kedua,
ketiga...seterusnya dan cowok pariah memble saja.

Bahkan saya sering mendapatkan diri saya di tengah-tengah kelompok
seperti PKS -  lantaran diskusi poligami terbuka mungkin 'dilarang',
tetep saja ini mengemuka dengan joke-jokenya yang miring dan bikin
kuping panas.  Kalau yang bikin joke orang yang terdekat dengan
saya, maka saya akan make sure mengatakan sesuatu yang membuatnya
mengerti bahwa seumur hidup saya nggak akan menegurnya lagi, kalau
dia beneran menduakan isterinya.  Sejauh ini berhasil, tapi ini
nggak menyetop mereka menyindiri temen-temennya untuk kawin lagi.

Kalau yang bikin joke kebetulan boss...ya apa boleh buat..mingkem
saja, tapi make sure saya menyentuh perempuan-perempuan muda PKS itu
yang keliatannya jadi stress, lantaran 'ancaman' poligami. Simpatiku
untukmu, kataku dalam hati.

Salam
Mia