Menurut pak Dahlan Ahmad dari milis KS, ada temannya dari BPS yang
memperlihatkan data Desember 2005 bahwa perbandingan wanita dan laki-laki itu
3:1.

Seingat saya, BPS itu biasanya datanya itu ketinggalan kereta sekitar 2 tahun,
misalnya sekarang tahun 2006, yang tersedia itu data tahun 2004.  Malah di
websitenya BPS menurut mas Dwi W.Soegardi - yang ada data tahun 2000 di
http://www.bps.go.id/sector/population/table4.shtml
perbandingan pria:wanita=100.6, (tahun 2000)
setiap 1000 wanita ada 1006 laki-laki,
boleh dikata 1:1 lah ....

di beberapa acara di tv tentang poligami, pak Puspo menjelaskan jumlah
perempuan lebih banyak dari laki-laki, ada nara sumber lainnya (saya lupa lagi
nama orangnya, kalau tidak salah ibu Dr Zaitunah Subhan) katanya jumlah wanita
total itu tidak beda jauh dengan laki-laki (mungkin seperti data BPS tahun 2000
itu), tapi data yang baru kata nara sumber ini ada selang umur yang memang
perempuan lebih banyak, yaitu di selang umur DIATAS 60 tahun dan DI BAWAH 12
tahun, nah di umur anak-anak dan di umur tua memang banyak perempuan, jadi
poligaminya ke umur di bawah 12 tahun dan di atas 60 tahun?:)

Nah untuk teman-teman di milis WM dan KS, mungkin ada yang kerja di BPS atau
yang punya teman di BPS, termasuk pak Dahlan Ahmad ini, tolong dong diperjelas
datanya itu, apakah betul data Desember 2005 di Indonesia atau di satu provinsi
atau di satu kota, dan di selang umur mana yang datanya 3:1 itu?

salam
Aisha
>From : dahlan ahmad
assalamu.....
 saya punya teman dari badan  pusat statistik.dia pernah memperlihatkan pada
saya data2 penduduk indonesia(desember 2005).jadi dari landasan itulah
perbandingan W:P 3:1 saya ambil...
dan mengenai poligami Aa itu saya rasa untuk ibadah buktinya dia nikah ama
janda beranak 3...klo seandainya Aa mau nikah karena nafsu.kenapa ia nggak
nikah ama umur yg 15 atau 17 tahun.....skali lagi Aa poligami so what....?ini
urusan keluarga Aa.....