Salam Mbak Lina,

Saya kira yang dimaksud ustadz Sabri itu keberpihakan pada
kemanusiaan yang sebetulnya menjadi inti dari agama. Artinya sudah
diatas fiqh, yaitu persoalan akhlaq dan ihsan.

Kalau pake hujjah hadits ;-)), kira-kira sama dengan kisah orang yang
mengorbankan diri untuk tidak berhaji dengan menyerahkan uang bekal
haji ke tetangganya. Dan ternyata sudah dianggap haji juga secara
akhlaq dan ihsan.

Kalo kata EMHA di "slilit sang kyai", zakat 5% itu cuman fiqh. Secara
akhlaq bisa saja yang disebut wajib itu sedekah 30%, bahkan secara
nilai keihsanan bisa 100%.

Tentu saja secara fiqh, diberikan sebagai uang itu bukan qurban, tapi
sedekah. Dan karena bersedekah itu, kita bisa jadi tidak mampu
berkurban. Ketika kita harus memilih antara bersedekah atau
berqurban, seyogyanya bersedekahlah yang menang. Bukan malah
egoisme "masuk surga" kita yang malah mendominasi dengan berkurban
dan menomor-duakan anak tetangga yang putus sekolah misalnya.

Memang berat sekali, saya juga belum sanggup seperti itu.
Tapi itulah menurut saya Islam yang lurus

Salam
Ary
PS.
he he he pokoknya tak klaim terus pendapatku sbg. Islam yang lurus
;-))

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wan Sabri ini pandangannya matre banget. Cowok matre...:-)
> Kalo bentuk uang, namanya bukan penyembelihan ternak QURBAN dan
> bukan Hari Raya Qurban.
>
> Kan bisa diupayakan cara lain kalo masalahnya mubazir namun makna
> Qurban sendiri itu tidak akan hancur ditelan waktu. Itu tugas
> panitia Qurbanlah. Panitia bisa saja menerima duit. Lalu duit itu
> ditransfer ke daerah yang kurang makan daging. Lalu beli kambing
and
> kerbau didaerah tsb, dan disembelih disana.
>
> Kalo orang kaya wan Sabri ini (yang mudah ditelan jaman) buanyak
> [...]

Kirim email ke