mungkin istilah tepatnya, menyerap bahasa sebelumnya
ibaratnya bahasa semitik adalah bapaknya, maka bahasa arab dan bahasa ibrani
adalah anak-anakya
jadi wajar kalau ada penyerapan istilah/kata-kata semacam ini
kalau berdasar teori bahasa, memang bahasa itu bisa berkembang setelah
mengalami pembauran dengan kelompok bahasa lain dan pengucilan. pada awalnya
bahasa arab dan bahasa ibrani itu nggak ada. kemudian setelah pecah, orang
arab mendiami suatu tempat, orang yahudi mendiami tempat yang lain, akhirnya
mereka mengembangkan bahasanya sendiri-sendiri yang kemudian sekarang
dikenal sebagai bahasa arab dan ibrani. untuk kasus bahasa ibrani sendiri
cukup menarik, karena mereka baru mengkodifikasi bahasa ibrani modern
belakangan-belakangan ini, terutama setelah negara israel berdiri.
sebelumnya, bahasa ibrani sendiri sudah terpecah-pecah ke berbagai cabang,
karena kaum yahudi sudah terdiaspora dan jadi warga di mana-mana, misal di
rusia, jerman, polandia, dsb, yang masing-masing mengembangkan bahasa dan
dialeknya sendiri.
Karena mereka balik lagi ke Israel, maka mereka berkeinginan untuk
menciptakan bahasa yang satu, yang sekarang disebut sebagai bahasa Ibrani
(Hebrew) modern. Bahasa Ibrani modern ini mempunyai  akar dari  bahasa
Ibrani yang ada di Taurat, tetapi tentu saja banyak perbedaannya karena
rentang waktu dan sejarah yang jauh.

wikan
http://wikan.multiply.com