Setiap agama memiliki kecenderungan membuat orang kecanduan.  Selama
kita hati2 dan berfikir rasional maka kita dapat mengendalikan
kecenderungan itu.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bung DP berkata
>
>   Yah itulah kalau mabuk kepayang kena candu agama maka kepribadian
dir
> dan bangsa mulai hilang dan perilaku menjadi pembebek ria tanpa
> kemampuan memilah-milah secara rasional.
>
>   ===============================
>
>   Jano-ko
>
>   Wilih-wilih, Marx saat bilang "agama adalah candu", dia itu belum
kenalan ame Islam, jadi dia itu melabeli agama tertentu selain Islam,
jadi sebaiknya bung DP hati-hati pakai istilah itu soale agama
tertentu itu bisa marah lho sama bung DP, jadi SARA dong....

> [...]
> dan bangsa mulai hilang dan perilaku menjadi pembebek ria tanpa
> kemampuan memilah-milah secara rasional.
>
> Tidak ada yang lebih berbahaya bagi masyarakat jika terjadi
pembebekan
> ria (herd behaviour) tanpa menggunakan akal dan nurani lagi. Ini
> terjadi di Jerman jaman Hitler. Memang manusia itu termasuk pack
> animal, artinya species yg memerlukan kelompok baik bagi survival
> maupun jati diri.
>
> Fenomena ini di Indonesia koq malah terjadinya di kalangan menengah
> yang lebih berpendidikan? Marilah kita mewaspadai bahaya ini.

Jawa/Indonesia

SUAMI

Fansuri

Hamzah