Abah,

dalam kasus Zaid dalam Qs.33:37, Nabi di tegur atau dikoreksi karena
"tidak memahami" atau salah dalam memahami wahyu yang diturunkan.
Kemudian ada juga ketika Nabi diminta untuk re-check kebenaran
Al-Qur'an pada para ulama Yahudi.

Kalau menurut saya Abah ada peran aktif dari Nabi Muhammad saw dalam
hal menyampaikan wahyu dan mengaplikasikanya dalam kehidupan masyrakat
arab.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "H. M. Nur Abdurrahman"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Menafsirkan itu dilatar belakangi oleh upaya untuk memahami yang
> ditafsirkan. Nabi Muhammad SAW tidak perlu menafsirkan wahyu baik yang
> verbal maupun yang non-verbal, karena Allah sudah menanamkan dalam
diri Nabi
> SAW makna wahyu yang diturunkan, sesuai ayat:
> Demikianlah supaya Kami perkuat hatimu (untuk memahamkan dan menghafal)
> dengannya. (S. Al Furqan, 25:32). Sebagai bahan komparasi: Einstein
tidak
> pernah menafsirkan: The Special and The General Theory of
Relativity, wong
> itu teorinya sendiri kok. Yang menasfirkan teori Relativitas itu
orang lain.
> Wassalam,
> HMNA

Bell