Maaf nimbrung,
dari agama-agama yang saya pelajari, masing-masing mempunyai unsur
eksklusivitas yang antara lain berciri, bahwa yang benar adalah
kelompok/agamanya sendiri, sementara yang lain adalah salah/sesat,
yang salah wajib diperangi/disadarkan, adanya klaim bahwa sesuatu yang
di atas kuasa manusia (tuhan, dewa, dll) berpihak kepada
kelompok/agama tersebut, dan menentang pihak lain. jika masing-masing
agama dikembangkan dari perasaan ekslusif semacam ini, maka timbullah
pertentangan dan perpecahan satu sama lain, antar kelompok agama.

pembicaraan yang terbuka antar agama bukan diarahkan untuk mencari
siapa yang benar (karena kembalinya pasti kepada sikap eksklusivitas
dan kemudian pertentangan/perpecahan antar agama) tapi lebih kepada
mencari titik persamaaan / common denominator yang bisa disepakati
bersama. Kalau dalam Islam, paling tidak kita bisa bekerja sama dengan
non-muslim dalam soal-soal muamalah. Hal ini yang menurut saya perlu
dikembangkan, ketimbang kita asyik mencari siapa yang paling benar
dalam beragama dan menyembah Tuhan.

wikan
http://wikan.multiply.com

Kirim email ke