bak Lina.  Sori mori dori kalau saya berkomentar pahit.

1. Mbak Lina, Emang hukum waris di barat itu gimana ?  Kalo di film
film, kalo bapak kecewa ama anak, bukannya bisa di blacklist dari daftar
peerima warisan tuh ?  Malah keluarga bisa gak dapat warisan semua,
karena semua duit lari ke yayasan penderita kanker, atau semacam itu.

2. Kalo hukum waris dalam islam jelas jelas diskriminatif menurut ukuran
sekarang, lalu banyak keluarga muslim yg jelas jelas bikin itungan
sendiri dgn menghibahkan sejumlah harta sehingga itungannya jadi 1:1,
baru kemudian rundingan lagi, dan membuat hitungan 1:2, seolah hukum
Islam yg dipakai, bukannya justru transactional costnya tinggi ???.

3. kalo aku malah dari dulu sampai sekarang ini mikir, udah deh, ndak
perlu ada warisan segala macam, apalagi kalo dapatnya dari duit haram
[jaman sekarang kan gak ada orang idnoensia yg bebas dari korupsi dan
uang harum].  balikin aja jadi harta negara.  modal utama jadinya yah,
cuman pendidikan dan usaha keras masing masing pribadi ajah.  jadi orang
padang ndak pusing lagi tuh ama harta pusako, dan bikin orang BPN di
padang, solok, pariaman, de el el, kerjanya cuman mikirin sengketa tanah
melulu, gak ada habis habisnya :D

3. toh juga, orang terlantar dan disability dipelihara oleh negara.
kalo masih kurang, kasiin aja tanggung jawabnya pada LSM Islam charitas
yg pada rajin narikin pajak agama alias zakat tadi.  mereka happy happy
aja kok.  udah ngerasa melakukan kewajiban asasi nan islami.