Dulu saya kadang berjilbab sebagai protes pribadi dilarangnya orang
berjilbab, atau mendapat tekanan diskriminasi karena berjilbab.

Sekarang saya malah nggak berjilbab di tengah orang berjilbab atau
kewajiban berjilbab, sebagai protes pribadi karena Perda jilbab dan
karena yang nggak berjilbab mendapat tekanan atau diskriminasi.

Jadi sikap saya itu bukan karena jilbab per se, bukan pembenaran
untuk soal jilbab, tapi ini sebagai reaksi pribadi dari rasa
keadilan yang terusik.

Diliat dari satu sisi, mungkin sikap dan pernyataan saya ini
sekarang merupakan pernyataan politik, walaupun dari ekspressi
pribadi. Mungkin ini persinggungan antara personal is politic dan
politik sebagai infrastruktur masyarakat, antara wilayah pribadi dan
agama sebagai psikologi sosial.

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> tubuhnya sendiri kecuali kalau yang di jilbabin adalah rambut orang
> lain dan tubuh orang lain...ini yang jadi masalah seperti yang
> bermunculan sekarang ini semenjak ada perda jilbab di beberapa
daerah.

> Masalahnya muncul ketika semua alasan perempuan untuk berjilbab
itu di
> harus disamakan. Dengan meng-klaim bahwa hanya ada satu alasan yang
> valid di akui dan tertera di dalam kitab suci Al-Qur'an maka tidak
> boleh ada alasan lain bagi perempuan untuk berjilbab.
>
> Hampir sebagian besar umat Islam pada saat ini mempunyai
kecenderungan
> [...]
dan
> menjaga nilai keimanan seorang perempuan, dengan kata lain bahwa
nilai
> ke-imanan perempuan salah satunya di dilihat..diukur dan dinilai
dari
> selembar kain yang bernama jilbab.
>
> Tentu saja mereka yang berpikir bahwa alasan diharuskan menggunakan
> jilba untuk menutup aurat dan menjadi nilai keimanan perempuan
percaya
> dan menyakini bahwa apa yang menjadi pemikiran mereka sesuai dengan
> apa yang ada dalam sumber hukum umat Islam yaitu kitab suci Al-
Qur'an.

> Sekarang pertanyaanya, apakah benar tujuan memerintahkan perempuan
> berjilbab didalam Qur'an untuk menutup aurat perempuan dan menjadi
> tolak ukur terhadap nilai keimanan perempuan???
>
> Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu
dan
> isteri-isteri orang mu'min:"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya
ke
> seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah
> untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah
Maha
> [...]
> pada zaman Nabi dari dikenali dan kemudian tidak diganggu lalu
mengapa
> begitu banyak perempuan berjilbab sekarang ini mereka masih tetap
> diganggu??? apakah mereka tidak dikenali?? tidak dikenali sebagai
apa??

> Saya masih ingat beberapa taun yang lalu terjadi pembunuhan
terhadap
> 2orang perempuan berjilbab yang baru saja pulang selepas menghadiri
> pengajian di Darul tauhid. Kalau saya melihat profil ketiganya saya
> tahu bahwa jilbab yang mereka kenakan bukan termasuk
kategori "jilbab
> [...]
>
> Syahdan ketika para2 istri Nabi dan wanita2 lainya hendak membuang
> hajat atau keluar rumah pada malam hari , mereka sering mendapatkan
> gangguan dari para kelompok pemuda dan ketika mereka di tegur,
mereka
> berkilah karena mereka tidak tahu kalau para perempuan itu bukan
budak.

> memang para budak khususnya budak perempuan dalam budaya arab pada
> saat itu boleh di "ganggu" dalam arti bisa menjadi target pelecehan
> seksual.
>
> Jalal al-Din al-Suyuthi (w. 911 H) dalam kitabnya Al-Durr al-
Mantsur
> fi al-Tafsir al-Ma'tsur (Beirut: Dar al-Fikr, 1414H/1993M, Jilid
VI,
> [...]
> bilang bahwa mereka yang menggunakan jilbab tapi masih tetep
pacaran,
> mesra-mesra dengan yang bukan muhrimnya, masih tetep suka mojok
berdua
> atau bertiga sama setan sekalipun masih tetap menggunakan Jilbab
> asli..coba aja buktikan sendiri sekali-kali...anda datangi itu
> perempuan yang anda anggap memakai jilbab palsu dan pegang kain
jilbab
> yang dipakainya...asli atau palsu??:))
>
> Tapi justru klaim anda yang menyatakan bahwa tujuan YANG ADA
DIDALAM
> QUR'AN dari adanya perintah berjilbab bagi perempuan adalah untuk
> menutup aurat perempuan dan untuk menjaga nilai keimanan perempuan
> ADALAH SEBUAH KLAIM PALSU..SUATU KLAIM YANG DIDASARI SEBUAH
KEBOHONGAN:(

Kirim email ke