Ketika saya membaca ada pak Achmad Chodjim ikut memberikan komentar,
pasti ada sesuatu yang menarik hingga membuat pak Achmad Chodjim
sedemikian terusik untuk berkomentar ... dan ternyata komentarnya
tidak terlalu kuat mengingat tidak ada landasan yang kuat tentunya
yang mendukung argumentasi dan klaim pak Achmad Chodjim. Walau tentu
sabda pak Achmad Chodjim akan sangat diperhatikan oleh pengikut
pengajian beliau.

Semua yang pak Achmad Chodjim sangat terasa beraroma 'menurut logika
saya' dan bernada 'memangnya Arab itu siapa sih? kok mereka
diistimewakan begitu?' atau yang semisalnya, setidaknya menurut saya
yang dhaif ini.

Tapi yang paling mengusik adalah pernyataan di akhir komentar pak
Achmad Chodjim yang makin menambah kuat aroma dari asumsi saya di
atas, (kutipannya)
> Jika masih tidak percaya bahwa Allah itu aslinya tak bernama, maka
silakan bertanya sendiri secara langsung kepada DIA! Tidak perlu
ngotot lagi, karena Dia maha hidup, maha mendengar, dan maha hadir.
Pasti Dia bisa ditanyai!

Wah selamat ya, pak Achamd Chodjim, karena bisa punya direct
connection dengan DIA (department of Internal Affairs?) sehingga
yakin kalo yang lain pasti tidak sehebat njenengan dan pasti nda
mampu seperti njenengan. Ah jadi teringat ada yang berkomentar
serupa. Soooooo sure of himself. Tapi nda mengapa, krn itu HAM anda
dan saya nda mungkin menyatakan anda salah atau sesat karena
berkomentar yang salah dan sesat. hehehe ...

Njenengan ga usah kalap lho nda baik. Konon menambah % kemungkinan
kena penyempitan pembuluh darah atau sama dengan bunuh diri ... ehm.

Saya setuju dengan komentar singkat abah, karena kalo ngotot pake
Tuhan dengan T kapital bagaimana menerjemahkan Syahadat ya? ah tapi
tentu mudah bagi njenengan atau siapa saja yang sepakat dengan
njenengan, kan? Gitu aja ko repot.

Mas Prihatmanto, Wikan, dll gimana ni komentar mbah Achmad Chodjim?
Mba Aisha, Chairunisa? Self-claim nda? Truth claim nda?

salam,
satriyo

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Achmad Chodjim"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ketika saya membaca tulisan di milis ini, nama Allah sedang
diributkan. Malah ada yang menyebut bahwa sebagian ulama memandang
nama Allah sebagai nama pribadi Tuhan dan sebagian yang lain
mengatakan itu panggilan Tuhan dalam bahasa Arab.

> Yang jelas:
> (1) Nama atau sebutan Allah bagi Tuhan sudah ada jauh sebelum agama
Islam dibawa oleh Kanjeng Nabi Muhammad.

> (2) Dalam Alkitab yang berbahasa Arab, Tuhan disebut Allah.
Artinya, Allah yang disebut oleh Nasrani Arab atau orang Islam ya
sama saja. Rabb dalam bahasa Arab bukan hanya untuk Allah, tapi juga
untuk bos, majikan atau jeragan. Rabb dalam bahasa Inggris sama
dengan "Lord", alias Tuan. Dalam bahasa Melayu lama, tak ada kosa
kata "tuhan". Kosa kata ini muncul di masa pendudukan Belanda di abad
17. Orang kita diperintah oleh Belanda menyebut dirinya "tuan". Tapi,
ketika Yesus juga dipanggil "Tuan Yesus", orang Belanda kurang
berkenan, dan panggilan itu harus dibunyikan secara mantap dengan
sisipan huruf "h", jadilah "tu...h....an"

> (3) Dalam QS 17:110 menyatakan bahwa DIA tidak memiliki nama
khusus, maka kita diperintah menyebut Allah, atau al-Rahman, atau
nama apa pun asalkan masih termasuk dalam "asma' al-husna". Tentunya
ada jutaan nama-nama baik Tuhan jika dikumpulkan dari berbagai
bahasa. Dan, kita sah-sah saja menyebut dengan Gusti Kang Murbeng
Dumadi, atau Sang Hyang Manon, atau Gusti Kang Paring Gesang dan lain-
lainnya.

> Kisah Musa dalam QS 20:14 menyebutkan bahwa Tuhan mengenalkan
dengan "Innanii anallaah". Tapi ini kisah Musa dalam bahasa Arab
Alquran. Sedangkan kisah Musa dalam Alkitab berbahasa Arab
menyebut, "Fa ajabahullah (ilaa Musa): Ahyah alladzii Ahyah (I am who
I am).

> (4) Allah tidak pernah memperkenalkan dirinya bahwa nama-Nya itu
ALLAH. Lantaran Allah bukanlah sosok makhluk yang berbangsa Arab.
Nama "Allah" itu diberikan oleh manusia kepada-NYA. Jadi, manusialah
pencipta nama-nama bagi semuanya. Nama diberikan untuk membedakan
antara sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Sedangkan Allah di QS
24:25 disebut "al-Haqq al-mubiin", Yang Maha Nyata sekali, atau Yang
Mahabenar sekaligus mahaterang/mahajelas. Oleh karena Dia itu
mahajelas maka Dia niscaya tidak membutuhkan nama, karena nama
hanyalah tanda untuk membedakan!