Yang berhormat Ibu Lestari(n),

Dah ga cape... ? ;-]

Saya minta maaf kalo gitu krn ternyata ada sedikit ketidaksesuaian
antara apa yang ibu sampaikan dan apa yang saya sampaikan sebagai
tanggapan.

Soal tidak berjilbab yang asumsinya adalah tidak menutup aurat, itu
bukan hak prerogatif manusia untuk memvonis, sia-sia atau tidak. Al-
Qur'an sudah jelas menunjukkan siapa2 saja hamba Allah yang sia-sia
sholatnya. Tapi apakah memang orang yang sengaja tidak berjilbab
karena tidak mau tahu bahwa itu adalah perintah Allah dan pada saat
yang sama tidak mentaati sebuah aturan yang dibuat berdasarkan
perinta Allah itu bisa dianggap/dikhawatirkan sia-sia shalatnya itu
tetap suatu yang bukan urusan manusia.

Hanya memang, tidak ada salahnya melihat celetukan pria yang
menanggapi si muslimah yang tidak berjilbab di daerah lingkungan
masjid yang diwajibkan berjilbab itu sebagai teguran saja, bukan
menghakimi atau memvonis. Ya kan?

Soal Depok, ibu belum menjawab pertanyaan saya yang tertera: "Lalu
apa hubungannya dengan Depok? Memang Aceh ada hubungan dengan Depok?"
yang dari jwb anda sebenarnya bisa tidak Depok yang anda sebut.
Lalu "ngurusin" perempuan berjilbab apa memang "urusan" perda
syariah? Kalo 'ngurusin' perempuan 'gendut' mungkin saja bagian dari
perda lain ... ;-]

Anda tidak setuju dengan perda Syariah?

salam,
Satriyo

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "lestarin" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Yth. Pak Satriyo/Pak rsa,
>
> Saya malah tidak mengomentari "bunga-bunga" Anda soal Istilah
> Sermabi Mekkah dan lain-lainnya soal Aceh, justru sekali lagi, saya
> menanggapi kalimat Anda yang bilang, di mana bumi dipijak, di situ
> langit di junjung:). Yang seolah-olah menyalahkan perempuan di Aceh
> yang tidak berjilbab:D. Malah ada yang berkata-kata bahwa perempuan
> tidak berjilbab itu sholatnya sia-sia--> ini lho pak poin-nya:),
> bukan ngomongin  Acehnya.
>
> Saya memang bukan orang Aceh, tapi saya belajar banyak sejarah
Aceh,
> [...]
> Dulu kan Anda pernah mempertanyakan bacaan sejarah Saya tentang
> deskripsi pakaian-pakaian perempuan Aceh, yang Anda bilang semuanya
> perempuan Aceh termasuk Cut Nyak Dien berjilbab, dan saya sudah
> panjang lebar sampaikan pula, Cut Nyak Dien bukan berjilbab, namun
> mengenakan kain panjang yang multi fungsi.Kalau Anda tidak mau
> berkomentar karena saya bukan orang asli Aceh, juga tidak apa-apa
> lha wong saya juga tidak minta komentar Anda secara spesifik kok:).
>
> Aceh memang bukan Depok, tapi Depok akan bisa menuju penerapan
Perda
> Syariat ala Aceh, kan sekarang lagi di "godok" di pemerintahan
> Depok. Termasuk "ngurusin" perempuan berjilbab atau tidak:)
>
> Wassalam

> darah
> tinggal

> karya