Shalat dan Sujud Syukur serta Doanya
Oleh: Syamsuri Rifai

Sebagai seorang muslim kita sangat dianjurkan agar selalu
memanjatkan rasa syukur kepada Allah swt. Terutama ketika kita
memperoleh nikmat dari-Nya atau diselamatkan dari suatu musibah.
Adapun cara menyampaikan rasa syukur kepada-Nya Rasulullah saw dan
Ahlul baitnya (sa) telah mencontohkan kepada kita, antara lain
melalui shalat, sujud dan doa.

Tentang mensyukuri nikmat Allah swt menegaskan di dalam firman-
Nya: "Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi,
jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."
(Ibrahim: 7).

Shalat Syukur
Shalat syukur dilakukan dua rakaat, dengan niat menyampaikan rasa
syukur kepada Allah swt. Caranya:
•       Rakaat pertama: membaca surat Fatihah dan surat Al-Ikhlash.
•       Rakaat kedua: membaca surat Fatihah dan surat Al-Kafirun.
•       Dalam ruku' dan sujud pada rakaat pertama, sesudah membaca
tasbih, membaca:

        ÇóáúÍóãúÏõ ááåö ÔõßúÑðÇ ÔõßúÑðÇ æóÍóãúÏðÇ ÍóãúÏðÇ
        Alhamdulilâhi syukran syukran, wa hamdan hamdan
        Segala puji bagi Allah; terima kasih, terima kasih, dan
segala pujian kusam-paikan kepada-Nya.

•       Dalam ruku' dan sujud pada rakaat kedua, sesudah membaca
tasbih, membaca:

ÇóáúÍóãúÏõ ááåö ÇáøóÐöí ÇÓúÜÊóÌóÇÈó ÏõÚóÂÆöí æóÇóÚúØóÇäöí ãóÓúÃóáóÊöí
Alhamdulillâhil ladzistajâba du'-âî wa a'thânî mas-alatî.
Segala puji bagi Allah yang telah mengijabah doaku dan memberi
permohonanku.

Sujud Syukur
Sujud syukur sangat dianjurkan dilakukan setiap sesudah wirid shalat-
shalat wajib. Dan setiap kita mendapat nikmat dari Allah swt atau
terhindar dari suatu musibah. Bacaan dalam sujud syukur:

Maha Suci Engkau. Ya Allah, Engkaulah Tuhaku yang sebenarnya, aku
sujud kepada-Mu ya Rabbi sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya
Allah, sungguh amalku lemah, maka lipat gandakan pahalanya bagiku.
Ya Allah, selamatkan aku dari siksa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu
dibangkitkan, terimalah taubatku, sesunguhnya Engkau Maha Menerima
taubat dan Maha Penyayang.

Atau membaca (100 kali):
ÔõßúÑðÇ ÔõßúÑðÇ
Syukran syukran
Terima kasih, terima kasih  ya Allah

Tata cara shalat dan sujud syukur ini dikutip dari kitab Mafatihul
Jinan, kunci-kunci surga.

Doa Syukur
Doa syukur yang dicontohkan di dalam Al-Qur'an:

 "Duhai Tuhanku, karuniakan padaku ilham agar aku selalu mensyukuri
nikmat-Mu yang  Kau anugrahkan padaku dan kepada kedua orang tuaku,
dan agar aku selalu beramal shaleh yang Kau ridhai. Dengan rahmat-Mu
masuk ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh." ( An-Naml/27:
19).

Secara lebih khusus doa berikut ini oleh orang-orang yang telah
mencapai usia 40 tahun:
Allah swt berfirman: "…sehingga ketika ia telah dewasa dan mencapai
usia empat puluh tahun, ia berdoa:

"Duhai Tuhanku, karuniakan padaku ilham agar aku selalu mensyukuri
nikmat-Mu yang  Kau anugrahkan padaku dan kepada kedua orang tuaku,
dan agar aku selalu beramal shaleh yang Kau ridhai. Karuniakan
padaku kebaikan dalam keturunanku, sesungguhnya aku bertaubat kepada-
Mu dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (Al-Ahqaf/46:
15).

Tek arab dan bacaan tek latin doa2 tersebut,  klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia

Amalan Praktis dan doa-doa pilihan, artikel2 Islami, klik di sini:
http://shalatdoa.blogspot.com
http://syamsuri149.wordpress.com
Milis, artikel2 Islami, amalan Praktis, shalat2 sunnah dan doa-doa
pilihan, juga ebooks, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia

Milis Rumus2 perhitungan nama dan kelahiran, rahasia angka dan
huruf, juga doa-doa khusus, klik disini :
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Peluang Kerjasama "Mobile Magazine"
Mobile Magazine adalah majalah  tentang bermacam2 produk Hp dan
periklanan, yang perkembangannya cukup pesat. Berpusat di Jakarta,
dan sudah punya cabang di Surabaya. Majalah ini milik salah seorang
murid saya. Membuka peluang kerjasama untuk buka cabang di kota2 dan
daerah2 di seluruh Indonesia, klik di sini :
www.mobile-indonesia.com
Info situs2 periklanan dan bisnis online, klik di sini :
http://infor-indo.blogspot.com

Kirim email ke