2008/10/29 Lina Dahlan <[EMAIL PROTECTED]>:
> Kalo fatwa kedua Syekh ini berlaku bagi istrinya yang jago karate.

Bagusnya fatwa ini diikuti dengan fatwa wajib bagi perempuan untuk jago karate.
Silakan mendaftar ke mbak Tatiana Adinda :-)

> Kalo fatwa nya Yesus berlaku bagi istri yang menikmati tuk ditampar:
> tampar pipi kiri, kasih yang kanan...:-)
>
> Kalo Syekh Lina (yang belon kenal ama Syekh Siti Jenar) memfatwakan
> untung melawan KDRT dengan cara yang sama dengan QS4:34 itu dengan
> menempuh 3 langkah sbb:
>
> 1) Nasehatin suami 2) Pisahin ranjang suami 3) pukul balik suami
> dengan gugat cerai

Syekh Lina, ayat itu untuk "al-rijal qawwamuna ala al-nisa", bukan
sebaliknya lho ya :-)
Apalagi pisah ranjang itu bukan hak perempuan, apa tidak takut
dilaknat malaikat?
Gugat cerai, khulu', juga rumit lho, ngga bisa langsung bilang "talak tiga."

> Soale Syekh Lina takut kalo membalas suami dengan pukulan plus bunga,
> suami bakal makin kalap and gelap mata, bunga bangkaipun akan
> diberikannya..

Fatwanya tidak bilang harus balas pukul SENDIRI.
Istri bisa saja SEWA tukang pukul, mafia atau polisi :-)
Ayo Arcon, buka bisnis jasa qisas buat makan-makannya :))

Saya sendiri tidak menyarankan pukul-memukul dan main hakim sendiri,
tapi KDRT adalah tindakan kriminal yang patut dihukum setimpal.
Bahwa ulama mulai menganggap KDRT dapat "diqisas"
selanjutnya perlu ditindaklanjuti dengan
- formalisasi perangkat hukum
- pendidikan mengenai kesetaraan (termasuk memberikan pendidikan dan
informasi yang benar tentang ayat 4:34)

salam,
DWS