81029

Betapa luasnya ampunan Allah.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Ada orang-orang non-muslim yang karena merasa telah banyak berbuat salah
atau melakukan kegiatan yang tergolong berdosa besar lalu takut untuk
berikrar, menyatakan dirinya sebagai muslim. Di fihak ummat Islam
sendiri tidak jarang orang yang menganggap perbuatan orang-orang yang
seperti itu sebagai “dosa yang tak berampun”, ataupun dia menjadi
setengah percaya akan makna luasnya ampunan Allah SWT bahwa Allah akan
mengampuni mereka dari hal dosa-dosa mereka yang terdahulu sebagaimana
yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada RasulNya, Muhammad SAW dalam
surah al-Anfal [8] ayat 38:

“KATAKANLAH KEPADA ORANG-ORANG YANG KAFIR ITU BAHWA JIKA MEREKA BERHENTI
(DARI KEKAFIRANNYA), NISCAYA ALLAH AKAN MENGAMPUNI MEREKA TENTANG
DOSA-DOSA MEREKA YANG SUDAH LALU; DAN JIKA MEREKA KEMBALI LAGI
SESUNGGUHNYA AKAN BERLAKULAH (KEPADA MEREKA) SUNNAH (ALLAH TERHADAP)
ORANG-ORANG DAHULU (YAITU DIA AKAN DIHUKUM).”

Terkait dengan ayat di atas di Muslim meriwayatkan satu hadtis dari ‘Amr
bin al-‘Ash, yang dia ini mengatakan: “Setelah Allah menaruh iman dalam
hatiku, maka saya datang menghadap Nabi SAW, lalu saya katakan kepada
beliau: “Ulurkan tangan tuan, saya hendak berbai’at kepada tuan.”
Rasulullah pun mengulurkan tangan beliau, namun aku sendiri kemudian
menarik tanganku. Lalu Rasul berkata: “Kenapa?” Saya jawab: “Aku hendak
meminta syarat.” “Minta syarat apa?” tanya beliau lanjutnya. Aku
katakan: “Hendaklah aku diampuni.” Rasul pun berkata: “Tidakkah kamu
ketahui hai ‘Amr, bahwa masuk Islamnya seseorang itu menghapus dosa-dosa
sebelumnya pula, dan juga haji menghapus dosa-dosa sebelumnya?”

Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam

Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad.

SWT. = subhanahu wa ta-'ala

Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya.

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software
sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an".

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]

This mailing list has a special spell casted to reject any attachment
....Yahoo! Groups Links

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: