Kearifan

By: agussyafii

Saya biasanya menemukan kearifan dimana-mana justru pada orangorang
biasa bukan orang yang luar biasa atau orang yang hebat. Seperti
itu karena kebiasaan yang tanpa saya sadari yang diajarkan oleh bapak.

Setiap hari bapak selalu mempersilahkan mampir dan menjamu siapa aja
orang-orang yang kebetulan lewat. Entah pengamen, sales, penjual jamu, tukang
becak, penjual bubur ayam, tukang sampah, pak erte. Kalau sudah begitu
terkadang ibu suka keberatan karena kita mesti menjamu yang terkadang memang
tidak ada yang bisa disuguhkan.

Kalau kebetulan ada pengamen atau siapapun yang mampir ngobrol
dengan bapak, yang ditanya bisa macem-macem. mulai mengapa
mengamen, berapa penghasilannya, atau tinggalnya dimana sudah
berkeluarga apa belum. Pertanyaan- pertanyaan yang sebenarnya
hanyalah seputar kehidupan sehari-hari. Dulu saya pernah, bertanya, apa
maksudnya mengundang mereka untuk mampir. Katanya, “Karena dari
mereka kita bisa banyak belajar tentang kearifan.”

"Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki.
Barang siapa diberi hikmah (kearifan), sesungguhnya dia telah diberi kebaikan
yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang
yang mempunyai akal sehat."  (Q.S 2: 269)

Wassalam,
agussyafii

----

Tulisan ini dibuat dalam rangka sosialisasi "Cinta Ananda" Terima
kasih atas berkenannya berpartisipasi maupun memberikan dukungannya, silahkan
kunjungi kami di http://agussyafii.blogspot.com atau sms 087 87 77 12 431

This mailing list has a special spell casted to reject any attachment
....Yahoo! Groups Links

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: