matanandau balihang
orang dayak bilang

sama hebatnya bukan
sama keren dan indah
bukankah?

balihang matanandau
di bukit  hulu katingan
tenggelam di barat ujung laut

dari pantai visaya berdua  saat itu kita melihat matahari
memerahkan separo langit separo laut  indah memukau
empat helai rambutmu hitam terserak di dahi
lirih kepadamu kukatakan di pantai petang mulai remang:

kebesaran matanandau balihang ini
karena ia tumbang mewariskan bumi keindahan
bagaikan sebuah kematian agung menyakralkan hidup

orang tidak menangisinya
orang mengagumi mencintainya
harapan pun tersulut nyala
duka menjelma kayu unggun api

di matanandau balihang
kulihat ada yang tak  tumbang

tahu di ujung barat ada yang tenang sabar menunggu
aku pun mencoba bergegas selalumenjadikan rentang
waktu sejak fajar hingga petang
halaman-halaman puisi dan proposal patut maksimal kutulis

sunset?
ya , aku paham yang kau maksud hanya tak membuat diriku lebih hebat
aku lebih bangga mengatakannya dalam bahasa oloh katingan:
"matanandau balihang", "balihang matanandau"
dia balihang petak danum pambelum*]

aku menghargai diriku yang
tak teringkar memang anak katingan
sekarang kau ajari aku
gimana matanandau balihang dalam bahasa gunung pulau visaya

Winter Seine 2009
------------------------
JJ. Kusni

Keterangan:

*].  "matanandau balihang", "balihang matanandau"/dia balihang petak danum
pambelum, bahasa Dayak Katingan, berarti matahari tenggelam, tenggelamnya
matahari/tidak menenggelamkan tanahair kehidupan.

"Balihang matanandau, dia balihang petak danum pambelum" bisa dipahami sebagai
suatu wacana tentang  massa sebagai pahlawan, serta di mana tempat pemimpin,
pahlawan dan individu dalam hubungannya dengan massa.

      Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail.com
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/sg/