Hidup Itu Untuk Apa?

By: agussyafii

Didalam keseharian saya suka mendapatkan pertanyaan yang sederhana tapi cukup
mendalam untuk direnungkan. Seperti kemaren sore, sepulang kerja Icha bertanya
pada saya, "Kak agus, hidup itu untuk apa?"

Hidup itu untuk apa? pertanyaan itu cukup lama buat saya untuk mencari
jawabannya. Saya katakan padanya bahwa hidup kita adalah mengabdi pada Alloh
dengan berbuat baik untuk alam & sesama.

manusia memiliki dua predikat, yaitu sebagai hamba Alloh (`abdullah) dan
sebagai wakil Alloh (khalifatullah) di muka bumi. Sebagai hamba Alloh, manusia
adalah kecil dan tak memiliki kekuasaan, oleh karena itu tugasnya hanya
menyembah kepada Nya dan berpasrah diri kepada Nya. Tetapi sebagai
khalifatullah, manusia diberi fungsi sangat besar, karena Alloh Maha besar maka
manusia sebagai wakil Nya di muka bumi memiliki tanggungjawab dan otoritas yang
sangat besar .

Sebagai khalifah, manusia diberi tangungjawab pengelolaan alam semesta untuk
kesejahteraan ummat manusia, karena alam semesta memang diciptakan Alloh untuk
manusia. Sebagai wakil Alloh, manusia juga diberi otoritas ketuhanan;
menyebarkan rahmat Alloh, menegakkan kebenaran, membasmi kebatilan, menegakkan
keadilan, dan bahkan diberi otoritas untuk menghukum mati manusia.

Sebagai hamba manusia adalah kecil, tetapi sebagai khalifah Alloh, manusia
memiliki fungsi yang sangat besar dalam menegakkan sendi-sendi kehidupan di
muka bumi. Oleh karena itu manusia dilengkapi Alloh dengan kelengkapan
psikologis yang sangat sempurna, akal, hati, hati nurani, syahwat dan hawa
nafsu, yang kesemuanya sangat memadai bagi manusia untuk menjadi makhluk yang
sangat terhormat dan mulia, disamping juga sangat potensial untuk terjerumus
hingga pada posisi lebih rendah dibanding binatang.

Wassalam,
agussyafii

---------

Tulisan ini dibuat dalam rangka kampanye kegiatan "Untukmu Ananda." Pada
tanggal 14 Februari 2009. selanjutnya silahkan kirimkan dukungan dan kepedulian
anda kepada "Untukmu Ananda" di 087 8777 12 431 atau di
http://agussyafii.blogspot.com