--- Pada Sel, 3/3/09, Ary Setijadi Prihatmanto <ary.setij...@gmail.com> menulis:
Dari: Ary Setijadi Prihatmanto <ary.setij...@gmail.com>
Topik: Re: [wanita-muslimah] Re: MILIS APA INI?
Kepada: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 3 Maret, 2009, 6:12 AM

            mbak Titik ysh.,

Saya kira kita bisa mulai mendiskusikan cara memenej perbedaan di sini dengan
contoh kasus jilbab.

Jilbab ini salah satu topik yang masuk FAQ WM.

Mungkin bisa ditunjukkan contoh posting-posting yang dianggap menghujat.

AFAIK, posting-posting di WM ttg jilbab dapat dibagi menjadi dua bagian:

- Posting yang menganggap jilbab itu WAJIB

- Posting yang menganggap jilbab itu TIDAK WAJIB

semuanya dengan berbagai justifikasi sara'-nya.

Keduanya dihormati, diberi tempat, tidak dibeda-bedakan dan tidak ada yang
dilecehkan.

Di sini berarti, hak&kewajiban "amar ma'ruf dan nahyi munkar" masih bisa
dilaksanakan dengan cara-cara yang baik dan ma'ruf juga.

Saya belum pernah membaca postingan di WM yang melecehkan wanita berjilbab
karena jilbabnya.

Postingan yang ada AFAIK adalah postingan sarkasme ttg wanita berjilbab karena
KELAKUANNYA.

CMIIW, secara umum posisi komunitas WM pada akhirnya adalah menganggap pakai
atau tidak pakai jilbab dengan segala konsekuensinya adalah hak pribadi dari
wanita_muslimah yang harus dilindungi. WM tidak menyetujui pemaksaan yang
berkaitan dengan jilbab, baik kewajiban untuk berjilbab MAUPUN larangan untuk
berjilbab.

Yang biasanya jadi masalah adalah adanya posting-posting yang mengkaitkan
jilbab dengan moralitas seorang perempuan. Seakan-akan tidak menggunakan jilbab
merupakan indikator wanita yang "kurang", "cacat", "tidak taat", "liar" dll.
Posting-posting tidak fair semacam itu-lah membuat diskusi menjadi tidak sehat
dan santun.

IMHO, seharusnya diskusinya tetap pada rel beradu argumen, dan bukan pada
usaha-usaha politis untuk monopoli kebenaran dengan langsung mengklaim
kebenaran suatu pendapat.

Jika pada akhirnya tetap berbeda pendapat, hal itu merupakan hal yang wajar dan
natural yang seharusnya menjadi berkah.

Demikian pendapat saya mbak Titik.