Pak Chodjim,

Saya setuju sekali dengan pendapat Bapak. Namun biasanya mereka masuk lewat
kegiatan pengajian-pengajian umum yang diadakan secara rutin. Bukan saja untuk
mahasiswa, tetapi juga untuk dosen-dosen. Tentu manajemen fakultas merasa tak
enak kalau melarang suatu pengajian. Bisa-bisa nanti dituduh anti-Islam.
Lagipula, kader-kader mereka tampaknya dikerahkan untuk menduduki posisi-posisi
penting, bukan saja di lingkungan mahasiswa, tetapi juga staf pengajar dan
karyawan. Jadi akan sangat sukar untuk mencegah mereka ini menjadikan fakultas,
universitas, atau entitas apapun untuk menjadi sentra dari sebuah doktrin
tertentu. Baju agama itu memang enak sekali Pak, sebab dengan menggunakannya
kita akan mampu menangkis semua kritik dan kecurigaan. Setiap kritik dan curiga
akan langsung dituduh anti-Tuhan. Kelebihan inilah yang membuat mereka leluasa
"menguasai" kampus.

MZ