---------- Pesan terusan ----------
Dari: korandigital <korandigi...@gmail.com>
Tanggal: 13 Juli 2009 08:10
Subjek: [Koran-Digital] Ketika Presiden Menelepon Ketua MK
Ke: "koran-digi...@googlegroups.com" <koran-digi...@googlegroups.com>

Ketika Presiden Menelepon Ketua MK
Monday, 13 July 2009
Senin (6/7) lalu,beberapa jam setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutus
pembolehan KTP untuk mencontreng dalam pilpres pada jumpa pers di
Cikeas,SBY menyatakan telah menelepon Ketua MK. Banyak pers yang
menanyakan isi dan relevansi telepon tersebut.Berikut jawaban Ketua MK
Mahfud MD kepada harian Seputar Indonesia.

Benarkah SBY menelepon Anda?

Benar, seperti yang SBY sampaikan dalam jumpa pers di Cikeas itu.
Presiden menelepon saya, tetapi saya sempat menunda untuk menerimanya.

Maksudnya?

Begitu selesai wawancara dengan sebuah stasiun televisi, HP saya
berdering. Saya lihat ada call dari Presiden (SBY). Saya jawab dengan
pesan pendek bahwa saya sedang wawancara, nanti saya telepon balik.
Sebenarnya waktu itu saya bisa langsung menerima karena wawancara dengan
televisi tersebut sudah selesai.

Mengapa tak langsung diterima?

Feeling saya mengatakan bahwa ini ada kaitannya dengan putusan MK
tentang penggunaan KTP. Sebab, putusan itu menjadi ledakan berita sore
itu. Semula, saya menduga SBY tak happy dengan vonis tersebut karena
pilpres tinggal satu setengah hari lagi. Maka, saya harus menyiapkan
jawaban yang pas sehingga perlu menunda beberapa saat untuk berbicara
dengan Presiden.

Saat itu Anda khawatir disalahkan?

Tidak juga, tapi saya memang harus siap menjawab kalau SBY complain.
Sebab, sebelumnya ada yang mengopinikan kekisruhan DPT dan hilangnya hak
pilih karena permainan pemerintahan SBY yang juga menjadi capres.Saya
menyiapkan jawaban untuk melawannya berdebat jika SBY bertendensi
mempersoalkan putusan MK.

Sesudah itu, Anda kontak balik?

Ya. Tak seperti biasanya, SBY memulai dengan sapaan, ”Kepala Negara di
sini, ingin bicara dengan Ketua MK.”Biasanya kalau berteleponan dengan
saya,dia bilang,”SBY di sini,apa kabar Pak Mahfud.”

Apa yang dikatakan SBY ketika itu?

Dia menyatakan Kepala Negara ingin mendengar langsung dari Ketua MK
tentang vonis KTP agar dapat merespons secara tepat.Saya jawab dengan
sejelas-jelasnya. Ternyata, SBY gembira dan sangat mendukung vonis
MK.Katanya, ini jalan keluar yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa
Ta’alaa.

Maksudnya?

SBY bilang dirinya sebagai Presiden sudah lama ingin melakukan terobosan
untuk membolehkan penggunaan KTP guna menyelesaikan kemelut DPT, tetapi
hal itu sulit dilakukan karena menyangkut wewenang KPU,dan dia (SBY) tak
mau dituduh mengintervensi KPU. KPU sendiri tak bisa membolehkan pakai
KTP sebab DPT itu perintah UU.

Mengapa Presiden tak menerobos dengan membuat perpu?

Presiden tak mengeluarkan perpu karena kalau setelah pemilu perpu itu
ditolak oleh DPR, keadaan bisa runyam.Keabsahan pilpres bisa
dipersoalkan. Kata SBY, vonis MK itu sangat tepat dan cerdas, memberi
jalan keluar kepada semuanya secara elegan.

Menurut Anda, vonis MK tentang KTP memang jalan keluar yang tepat?

Ya, bayangkan. Pertemuan capres- cawapres Mega-Pro dan JKWin dengan
Ketua PP Muhammadiyah minggu malam diberitakan menyinggung kemungkinan
penundaan pemilu, bahkan boikot dan pengunduran diri dari pencalonan.
Memang, KPU bisa bersikeras bahwa sesuai dengan UU Pemilu terus jalan
meski kedua pasangan memboikot atau mundur.

Tetapi kalau begitu, tentu akan terjadi mala petaka politik, sebab bisa
saja yang terpilih mendapat legalitas-yuridis tetapi tidak punya
legitimasi-politik. Kalau itu terjadi, kacau balau, bisa ada krisis
politik. Makanya, MK membuat vonis yang tak bisa dipersoalkan kekuatan
hukumnya.

Apakah selama ini SBY sering menelepon Anda?

Memang, tapi sama sekali tak pernah bertanya tentang perkara atau
mempersoalkan vonis MK. Jauh sebelum saya masuk ke MK, adakalanya dia
menelepon saya meski hanya untuk mengucapkan selamat,misalnya selamat
hari raya atau selamat atas tugas baru.Kami kan pernah satu tim, saat
pemerintahan Presiden Gus Dur sehingga silaturahmi tak pernah putus.

Benar SBY tak pernah intervensi ke MK?

Sama sekali tak pernah.Ketika MK memutus Pilgub Jatim harus diulang di
Madura, SBY langsung menenangkan situasi, memerintahkan agar putusan MK
ditaati, padahal semua tahu yang dikalahkan oleh MK saat itu adalah
pasangan Karsa yang didukung oleh SBY. MK pun takkan pernah mau
diintervensi oleh siapa pun.

Soal hasil pemilu legislatif bagaimana?

Pada sengketa Pemilu Legislatif 2009 ini, vonis MK menyangkut
penghitungan sisa suara tahap ketiga menyebabkan Partai Demokrat
kehilangan satu kursi di DPR.Ada 36 kasus di berbagai daerah yang
diperkarakan oleh Partai Demokrat, tetapi semua ditolak oleh
MK.Sementara banyak partai lain yang perkaranya menang di MK.Meski
demikian, SBY tak pernah mempersoalkan, bahkan menyatakan menerima.(*)

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/254294/

Pada 28 Juli 2009 15:18, Agus Hamonangan <agushamonan...@yahoo.co.id>menulis:

> http://oase.kompas.com/read/xml/2009/07/28/14514070/Energi.Positif..Puja-puji.Untuk.SBY
>
> KOMPAS.com — Buku Energi Positif; Opini 100 Tokoh mengenai Indonesia di Era
> SBY mungkin bisa menjadi penerang mengapa Susilo Bambang Yudhoyono mendapat
> tempat istimewa pada bagian terbesar rakyat negeri ini sehingga terpilih
> lagi menjadi Presiden Republik Indonesia.
>
> Kendati bercerita tentang Indonesia dalam lima tahun terakhir, buku ini
> lebih merupakan public relations dan marketisasi politik dari hal-hal
> positif tentang Yudhoyono, sekaligus sanggahan terhadap suara miring
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: