Bismillaahir rahmaanir rahiim.
As salaamu’alaikum wr. wb.

Kalau boleh kami sedikit jelaskan pertanyaan sdr./sdri semua …

Jadi vegetarian itu memang tidak ada dalam kamus Islam, tetapi ini adalah ilmu
pengetahuan baru, yang semuanya datang dari Allah swt. juga.

Sehingga tidak ada hubungan dengan syari’at Islam, boleh dibilang nasihat cara
untuk ilmu kesehatan yang tujuannya duniawi semata, tidak ada sunnahnya karena
tidak ada pahala yang kita akan raih. Jadi terserah mau dijalankan atau tidak.

Allah swt. itu mengkaruniakan makanan2 lezat termasuk hewan, telur, santan,
susu dan gorengan, disamping tumbuh2an … supaya kita boleh menikmatai dunia ini
apa saja yang kita ingin nikmati. Allah persilahkan, asal dengan jalan dan cara
yang halal ….

Tapi dalam kasus vegetarian ini, ada baiknya kalau mau sehat dalam ibadah (
nggak ngantuk2an aja .. ) - mati tenang dan panjang umur ( Insya Allah ),
bukankah lebih baik untuk manfaat pengabdian kita pada Allah swt.

Dan dengan panjang umur itu kita lebih panjang waktu pengabdian kita? Sahabat2
Nabi saja pernah menangis tersedu2 karena umur umat Islam hanya sekitar 60-90
tahun, waktu ibadah dan pengabdian pada Allah swt. sangat terbatas dibandingkan
dengan umat2 terdahulu bisa 500 sampai ribuan tahun.

Akhirnya Mala’ikat Jibril as, menurunkan surat Al Qadr – dimana pada malam
Lailtul Qadr pada salah satu malam ganjil di sepuluh hari akhir Ramadhan, umat
Muhammad saw. diberi karunia bahwa ibadah apapun dimalam itu dihitung pahalanya
lebih dari 1000 bulan bukan ?

Maka bergembiralah umat Islam dengan Karunia Maha Besar itu, jangan lewatkan,
nanti di akhir Ramadhan …satu bulan lagi yaa ..

Demikian vegetarian itu tidak mutlak hukumnya seperti orang2 Hindu atau Kristen
Advent yang mutlak makan tumbuh2an ( saya hanya tahu dari dengar2 saja,
mudah2an benar .. ) . Tapi didalam kasus vegetarian kita ini, karena kadar
hewani makanan2 misalnya : susu dan telor dalam kue atau perkedel, udang dalam
krupuk, kaldu dalam kuah; itu relative kecil, ya nggak apa buat kesehatan kita
kan ?

Kecuali yang sudah gawat kolesterol darahnya …dan mesti diet vegetarian super
ketat …

Adapun restaurant Vegetarian itu, dibutuhkan untuk orang2 kantoran / buruh /
eksekutif, karena gak sempat masak / bawa bekal dari rumah, saking ketatnya
waktu mereka dalam hidup ini. Ya beli saja - cari restaurant yang khusus jual
makanan jadi : vegetarian gitu ya kan ?

Teman anda yang vegetarian terus sakit2an mungkin porsi harian makannya (
buahnya ) sangat kurang sehingga energi dan gizinya kurang juga. Atau setiap
mau makan lupa nggak ucap do’a Sunnah yang diajarkan Rasulullah saw. atau
minimum baca Bismillahir rahmaanir rahiim.

Coba saja sudah tentu tidak akan sakit2an karena Insya Allah diberkahi (
diberi kekuatan ) Allah swt…

Buktinya Monyet dan sapi saja, cuma makan pisang / rumput semenjak bayi yaa
sehat2 dan kuat2 koq, kan sama2 makhluk mamalia seperti manusia … Pasti ada
yang nggak beres dengan teman mbak yang satu itu, karena misalnya saja buah
apel dan papaya, itu luar biasa gizi dan anti bodynya. Atau mungkin bila timbul
sakit2an dekat dengan waktu mulainya ( kapan mulainya dan kapan sakit2nya ?
Bisa disimpulkan ) - beliau makan buah langsung  ( mendadak ), ya harus tetap
makan nasi dan tempe dulu, atau sedikit daging dulu, secara  bertahap
perlahan-lahan dikurangi ( dengan metode transisi ), agar tidak kaget.

Gunakan motto : manusia bisa karena biasa, manusia nggak bisa karena nggak
biasa …

Dari manusia koq langsung mau jadi monyet ..ya jelas / mungkin tubuhnya kaget
juga …sakit2an deh …  ( eh maaf bercanda yaa .. )

Do’a mulai makan / minum :

“ Allaahumma bariklanaa war zuqnaa wa kinaa ‘azdabannaar – bismillahir
rahmaanir Rahiim – Amiin “

"Ya Allah berkahilah kami dalam rizki yang telah Engkau limpahkan kepada kami
dan peliharalah kami dari siksa neraka – Dengan menyebut nama Allah yang Naha
Pengasih lagi Maha Penyayang “ Aamiin.

Do’a selesai makan / minum :

“ Alhamdulillaahil ladzii at amanaa wa saqanaa waj’alnaa muslimiin  “

Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta
menjadikan kami Muslim."  Aamiin.

(H.R. Abu Daud).

Apalagi ditambah ucapan setiap waktu mau makan / minum apapun, sedikit maupun
banyak, enak gak enak, selalu niat minta pada Allah swt… Yaa Allah semoga
makanan ini halal bagiku, berkah bagiku dan Engkau beri Rahmat kepadaku. Insya
Allah akan sehat2 saja, karena AKAN ADA MAKNA GHAIB ALLAH SWT.

Sedangkan dokter itu kan memang benar karena dari sudut pandang teori logika
manusia, fakta2 pada tubuh pasien  … Tetapi bukankah Allah swt. senantiasa
mengawasi dan melindungi kita dimana dan kapanpun kita berada … Makanya
komunikasi terus dengan Dia …dengan senantiasa mengingat dia ( subhaanallaahu,
walhamdulillaahi ) dan meminta ( do’a ). Dia akan segera merubah takdir yang
tadinya kelihatan akan buruk menjadi tiba2 menjadi baik2 saja, menurut
kehendak-Nya …Luar bisasa sekali ...

amiin …

Demikian mohon maaf bila saya khilaf, yang Maha Benar hanyalah Allah swt.