MUI Jateng mentafsirkan fiqh Islam terlalu sempit, keluarnya jadi timpang
seperti itu. Sebagai MUI mestinya mempertimbangkan situasi kekinian. Hukum
negara yang membatasi usia nikah adalah refleksi dari kebiasaan masyarakat kita
yang juga cenderung nggak menikahkan anak di usia ingusan seperti itu.

Selain itu fiqh Islam juga mensyarakatkan SEKUFU (compatibility?).  Emangnya
Syeh Puji sekufu dengan anak ingusan itu? Fakta bahwa dia jauh lebih kaya dari
keluarga perempuan, itu pertimbangan materialistis yang nggak proporsional,
jadinya makin nggak sekufu.  MUI mestinya lebih bijak mempertimbangkan faktor
sekufu ini, lebih dari hukum negara sendiri.

Ditunggu LSM/NGO2 yang memperkuat capacity building para ulama di MUI ini.

salam
Mia