Untuk daerah di luar Bali, Nusa Tenggara atau Indonesia Timur, apa masih ada
pemukiman yang tidak ada atau muslimnya minoritas? ... Lagipula, "pemukiman
mayoritas muslim" itu luasnya seberapa? ... Satu RT, satu RW, satu kelurahan,
kecamatan? Satu kota? Satu propinsi? ... Bisa jadi untuk ukuran RW mayoritas
Kristen, tapi untuk ukuran kecamatan yang mayoritas justru muslim. Jadi yang
mana ?? ... Suatu tempat ada gereja, bisa jadi juga karena itulah satu-satunya
tempat yang paling mungkin bagi mereka untuk mendirikannya setelah ditolaki di
sana-sini. Persoalan gereja ini saya kira lebih pada persoalan cara muslim
mempersepsi orang Kristen. Masalah administrasi, IMB dan laen-laen itu cuma
alasan dicari-cari buat menghambat gereja baru atau mendepak gereja yang ada.
Makin banyaknya gereja dipersoalkan ini bagi saya merupakan cerminan makin
meningkatnya "kesalehan" umat Islam dewasa ini.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Bedril Ridhani <bedrilridh...@...>