  From: Wikan Danar Sunindyo
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Friday, March 05, 2010 12:09 PM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] Menjaga Konsistensi Tahajud

  mungkin bisa dimulai dari qiyamul lail sholat dua rokaat setelah sholat Isya.
  lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan bisa sholat tahajud setelah tidur malam.
  menurut saya, yang lebih penting lebih ke kualitas dan kekhuyukan
  sholat tahajud itu sendiri daripada memikirkan berapa banyak rakaat
  yang harus dilakukan.
  asal bisa konsisten, 2 rakaat sholat yang khusyuk lebih bisa menjaga
  ketenangan dan ketentraman hati kita dalam perjalanan hidup kita
  sepanjang hari.

  wikan

  2010/3/4 muhamad agus syafii <agussya...@yahoo.com>

  > Menjaga Konsistensi Tahajud
  >
  > By: agusyafii
  >
  > Alhamdulillah waktu cepat berlalu, pagi menjelang subuh, semoga kita
termasuk orang yang bisa menjaga konsistensi kita dalam menjalankan sholat
tahajud. Alangkah indahnya setelah itu kita para ikhwan bisa melanjutkan sholat
subuh berjamaah di masjid.

  > Jika kita sudah menghidupkan malam dengan tahajud maka saatnya kita menjaga
keistiqamahan, disinilah tantangan terberat kita sebab memulai sesuatu itu
mudah tetapi menjaga dan merawat kebiasaan itu yang teramat sulit. Kebanyakan
kita terbiasa dengan gebyar atau 'booming' begitu orang ramai-ramai bertahajud
seketika itu juga menjadi surut tak membekas. Mengenai trend seperti ini Nabi
Muhamad mengingatkan kita,

  > 'Sebaik-baiknya amal adalah yang dilakukan secara terus menerus meskipun
hanya sedikit (HR. Bukhari & Muslim).

  > Menjaga Tahajud sekalipun hanya dengan dua rekaat bila dilakukan secara
terus menerus setiap malamnya, perlahan tapi pasti akan mendekatkan diri kita
kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.  Yang menentukan besar kecil, sedikit banyak
dihadapanNya hanyalah keikhlasan hati kita saat melakukannya.