1. Kayaknya susah deh.
Masalah melakukan pelecehan; merasa dilecehkan- parameternya kan remang2.
Tergantung latarbelakang budaya, norma yg berlaku.
Temen saya hajjah kalo di pengajian hobi ngomong porno, gak merasa apa2. Tapi
banyak yg risih.
Meskipun nggak bisa bilang apa2.

Perempuan2 yg berjilbab yg masih suka naik bus, nggak merasa apa2 ketika
bokongnya, punggungnya
di sentuh, dipegang oleh kondektur. Kondektur yg sengaja atau enggak atau
memanfaatkan kesempatan kan gak bisa diketahui.
Perempuan itu juga nggak apa2 ketika berdesak2-an di bus dengan laki2. Kalo ada
laki2 yg sengaja melecehkan juga gak
bisa dibuktikan. Nanti malahan dibilang si perempuan ke GR-an.

Kalo bagi saya sih lebih baik pergi dengan taksi kalo kondisi bus yg padat.
Tapi bagi mereka ada yg lebih suka berdesakan, pake taksi justru gak merasa
aman; karena sendirian.

Setahu saya kalo masalah UU kan larinya ke soal hukum. Soal hukum itu kan harus
ada bukti yg tampak;
kalo baru 'indikasi'- perasaan di lecehkan kan nggak; akhirnya berdamai saja,
minta maaf.
Ya kayak kasus Rieke ini; dia merasa dilecehkan, tapi si dokter bilang enggak
tuh. Buktinya mana?
:-)

2. Duluuuu waktu saya muda, saya belajar dasar2 parapsikologi. Tapi akhirnya
nggak saya teruskan soalnya
menakutkan.
Disitu dipelajari diantaranya bahwa nasib, takdir seseorang itu juga menurun.
Ya seperti pada penyakit.
Kalo nenek moyang, mbah, oma, opanya kena diabetes, sakit jiwa, mata turunannya
juga pasti nanti ada juga yg menderita seperti itu.
Kalo nenek moyangnya meninggal karena kecelakaan, pembunuhan, kejahatan maka
turunannya juga akan ada yg meninggal dengan sebab seperti itu.
Kalo nenekmoyangnya yg punya riwayat sosialisasi [pernikahan] yg amburadul,
tukang kawin, dimadu, bercerai, dll, maka turunannyapun demikian.
Jadi kalo sekarang kata Pak Istiadji bahwa jilbab bisa menghindari dari bentuk
kejahatan, bisa dianggap berwibawa, nggak ada yg ganggu;
tidaklah 100% benar.  Kalo memang apes sudah suratan nasib bisa saja yg gak
diharapkan terjadi. Amit2 deh!

Salam,
l.meilany