Mungkin yang bisa dikomparasi adalah sistem pembiayaan pelayanan kesehatan.
Karena itu yang dijadikan entry point nya dengan reformasi sistem kesehatan
amerika yang titik beratnya pada universal access ke health care melalui
reformasi pembiayaan kesehatan.

Nah kalo bicara sistem pembiayaan kesehatan kan bisa macem2, ada yang out of
pocket, ada yang dilakukan oleh pemerintah, ada yang pihak ketiga. Di negara
kapitalis (amerika) biasanya campuran antara out of pocket bagi yang tidak
punya asuransi, pihak ketiga bagi yang punya asuransi. Sementara di welfare
state, ada yang dibayar pemerintah melalui mekanisme pajak (seperti di
Scandinavia) atau melalui asuransi sosial seperti di Belanda, dimana semua
orang wajib punya asuransi sosial.

Kalo dilihat, model kekhalifahan merupakan model welfare state yang memang
menugaskan negara untuk menjamin hak kesehatan warga negaranya. Dan situasi
yang sama saat ini juga ada di negara2 scandinavia yang notabene bukanlah
berpedoman pada syariah Islam. Situasi yang sama juga terlihat di Cuba (mbak
Flora tentu lebih tahu tentang hal ini), dimana ideologinya malah dikutuk oleh
sebagian orang Islam.  Kita bisa bilang bahwa Islam sudah ratusan tahun lebih
dulu dibandingkan negara2 Scandinavia atau Cuba, tetapi so what? Yang penting
jangan bermimpi akan kejayaan masa lalu, nilai2 tersebut tidak melulu
monopolinya orang Islam.

Jadi gak perlu diperbandingkan secara dikotomis.. kalo bukan Islam seakan buruk
dunia akhirat.. kalo dengan Islam nomor satu lahir dan batin dunia akhirat.
Yang lebih penting, It's how we do it.

salim,
:D