Isu berikutnya adalah utilisasi layanan kesehatan terkait dengan beban
pembiayaan kesehatan yang rasional.

Model out of pocket akan menyebabkan over utilisasi karena provider kesehatan
mau cari untung sebesar2nya
Model pelayanan kesehatan gratis yang ditanggung pemerintah akan menyebabkan
over utilisasi karena orang tidak punya beban untuk menggunakan layanan
kesehatan, sehingga pembiayaan kesehatan menjadi tidak rasional
Model asuransi merupakan model yang digunakan untuk mengontrol utilisasi
layanan kesehatan, karena sebagai pihak ketiga pembayar, perusahaan asuransi
tentu tidak mau rugi hanya karena utilisasi layanan kesehatan yang tidak
rasional baik oleh provider maupun usernya. Tapi celakanya, seperti di Amerika,
justru perusahaan asuransilah yang berusaha mencari untung sebesar-besarnya
dengan mencantumkan berbagai persyaratan untuk bisa memperoleh asuransi maupun
mengklaim polis asuransinya.

Di Swedia yang pernah saya tahu (dulu sekali waktu masih disana), orang masih
harus membayar untuk menggunakan layanan kesehatan dasar, hingga sampai nominal
tertentu, penggunaan layanan kesehatan diatas nilai nominal tadi baru
ditanggung oleh asuransi. Ini akan mengurangi over utilisasi layanan kesehatan
karena orang tidak seenaknya menggunakan layanan kesehatan untuk masalah2
kesehatan yang sepele, sehingga tidak membebani pembiayaan kesehatan yang
dipungut dari pajak

Apakah model layanan kesehatan dalam sistem kekhalifahan Islam sudah memikirkan
isu-isu tersebut?

salim,
Donnie