http://www.tribun-timur.com/read/artikel/94078/Megawati-Ingatkan-Proses-Alih-Generasi

Megawati Ingatkan Proses Alih GenerasiLaporan: Kompas.com

TRIBUN TIMUR/ABBAS SANDJI

Megawati Soekarnoputri

Kamis, 8 April 2010 | 22:55 WITA

DENPASAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati
Soekarnoputri penuh harap kepada semua kader PDI-P untuk bisa menjadikan
Kongres III PDI-P sebagai tahun kebangkitan. Dalam pidatonya juga mengingatkan,
tugas berat yang akan diemban partai 5 tahun ke depan seraya mengingatkan akan
alih generasi kepemimpinan.

"Sebagai ketua umum, saya akan menggunakan seluruh kewenangan dan kewibawaan
yang saya miliki untuk memastikan regenerasi yang melampaui soal usia bisa
diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Kepada sesama generasi saya serukan, marilah
kita menyiapkan alih generasi yang pasti akan tiba ini," kata Megawati di depan
para peserta Kongres III PDI-P, di Sanur, Bali, Kamis (8/4/2010).

Menciptakan lingkungan politik yang memungkinkan tunas-tunas baru dapat tumbuh
berkembang mencapai tingkat keindahannya dalam 5 tahun ke depan. "Kepada
tunas-tunas muda, persiapkanlah dirimu agar tugas sejarah yang telah
ditakdirkan dapat diterima sebagai sebuah kehormatan yang akan dibela dan
diperjuangkan," ujarnya seraya berharap kepada kepengurusan DPP terpilih,
bekerja dengan tuntutan ideologis yang jelas.

Di akhir pidatonya, Megawati berpesan kepada para kader partai yang kini
menjadi gubernur, bupati, maupun wali kota untuk menyampaikan salam hangatnya.
"Sampaikan dengan kepala tegak, para kader PDI-P adalah bagian dari suka duka
rakyat Indonesia," katanya.

"Saya tidak tahu akan diberi hidup oleh Tuhan sampai umur berapa. Tetapi
permohonanku kepada-Nya ialah, supaya hidupku itu hidup yang bermanfaat.
Manfaat bagi tanah air dan bangsa, manfaat bagi sesama manusia. Permohonanku
ini saya panjatkan pada tiap-tiap sembahyang sebab Dia lah asal segala asal,
Dia lah purwaning dumadi," tutur Megawati. (*)

Tribun Timur
Lebih Interaktif, Lebih Akrab

Redaksi: 081.625.2233 (SMS), tribuntimur...@yahoo.com, Facebook Tribun Timur
Berita Online Makassar, twitter.com/tribuntimur
Sirkulasi: 081.625.2266 (SMS)

++++++

http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2010/04/08/brk,20100408-239033,id.html

Megawati Umumkan Pengurus PDIP, Puan Jadi Salah Satu Ketua
Kamis, 08 April 2010 | 19:53 WIB
Besar Kecil Normal

Puan Maharani. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO Interaktif, Denpasar - Setelah terlambat lebih dari 1 jam, akhirnya
Megawati mengumumkan susunan pengurus DPP PDIP 2010-2015. "Ternyata tidak
begitu mudah untuk bisa memilih mereka yang akan membantu saya di DPP Partai.
Banyak orang yang bagus dan pintar hanya tempatnya terbatas," ujarnya, Kamis
(8/4).

Saat mau membacakan susunan, Mega mewanti-wanti. "Bagi mereka yang sudah
berdebar hati-hatinya tapi namanya tak tercantum bukan berarti ada hal (buruk)
tertentu dalam pikirana saya," ujarnya. "Yang masuk jangan menjadi sombong dan
pongah."

Menurut Mega, mereka yang masuk pengurus tapi dalam perjalanannya tidak
konsisten maka dirinya tak akan segan-segan untuk menggantinya.

Adapun struktur kepengurusan 2010-2015 terdiri dari Ketua Umum dan dibawahnya
terdapat enam Ketua Bidang internal, enam Ketua Bidang Kehidupan Masyarakat dan
tujuh orang Ketua Bidang Lembaga Pemerintahan. "Totalnya ada 27 orang,"
ujarnya.

Berikut susunan pengurus DPP PDIP 2010-2015:

Ketua Umum : Megawati

Ketua Bidang Kehormatan partai : Sidharto Danusubroto
Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga : Puan Maharani
Ketua Bidang Keanggotaan dan Kaderisasi : Moh Idham Samawi
Ketua Bidang Organisasi : Jarot Saiful Hidayat (Walikota Blitar)
Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi : H Rano Karno
Ketua Bidang Sumebrdaya dan Dana : Effendi MS Simbolon
Ketua Bidang Pertanina,perikanan dan Kelautan : Mindo Sianipar
Ketua Bidang Kesehatan dan Tenaga Kerja : Ribka Ciptaning
Ketua Bidang Pendidikan, Keagmaan dan Kebudayaan : Hamka Haq (Baitul Muslimin)
Ketua Bidang Industri dan Perdagangan dan UMKNM : Nusyirwan
Ketua Bidang Peremppaun dan Anak : Wiryanti Sukamdani
Ketua Bidang Kepemudaan : Mauarar Sirait
Ketua Bidang Transportasi dan Infrasturktur : Made Urip
Ketua Bidang Energi Pertambangan dan Lingkungan Hidup : Bambang Wuryanto
Ketua Bidang Kehutanan dan Perkebunan : Muhammad Prakosa
Ketua Bidang Keuangan dan Perbanakan : Emir Moeis
Ketua Bidang Hukum dan HAM dan Peraturan Perundangan : Trimedya Panjaitan
Ketua Bidang Pertahanan dan kemanan dan Hubungan Internasioan : Andreas Hugo
Parera
Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah : Komaruddin SH

Sekjen : Tjahjo Kumolo
Wasekjen Internal : Erico Sutarduga
Wasekjen Program : Ahmad Basarah
Wasekjen Kesekretaraiatan : Hasto Kristyanto

Bendahara : Olly Dondokambe
Wakil Bendahara : Rudiyanto Chen (Babel)
Wakil Bendahara Program : Yuliati Pieter Batubara

ROFIQI HASAN