Salamun alaikum,

Pak abdul, saya sangat mengahargai apa yang anda yakini, setidaknya sampai pada
titik ini,  secara mendasar kesatuan pandangan antara saya dan bapak tidak jauh
berbeda...
meskipun demikian, perbedaan pandangan diantara kita juga bukan menjadi
penghalang untuk sama - sama dengan niatan yang baik untuk menyampaikan
Kebenaran yang pastinya datang cuma dari Allah.

baiklah saya kutip ulang ayat yang bapak sampaikan...

>1.Dia menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan
>kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan
Taurat dan Injil. QS 3:3.

saya garis bawahi kalimat "Al Quran sebagi kita yang membenarkan kitab yang
telah diturunkan sebelumnya" yang menurut pandangan saya pribadi ( CMIIW) saya
memaknai kata MEMBENARKAN sebagai : Meng- iya-kan, menggenapi, membetulkan Atau
Mengkoreksi" kitab2 sebelumnya,
jadi, menurut pemahaman saya saat ini,  Al Quran sebagai kitab yang yang telah
mengoreksi/membetulkan kitab2 sebelumnya hingga sempurna, tidak saya perlukan
lagi mencari Referensi dari kitab2 sebelumnya itu.
apalagi sampai saat ini saya tidak meyakini, Rasulullah sebagi mentor  dalam
mengemban amanah, menjadikan ayat dalam Kitab2 Taurat dan Injil itu sebagai
acuan dalam kehidupannya dahulu....

belum lagi hal seperti yang kita ketahui, begitu banyaknya Versi - Versi
kitab-kitab sebelumnya yang di klaim masih orsinil sampai saat ini, baranag
kali dapat dibayangkan, kita tidak usah melihat Al Kitab ( taurat-Injil)  dari
berbagai bahasa.... dalam bahasa Indionesia saja terbitan antara tahun 68
dengan yang sekarang redaksionalnya jauh berbeda, belum lagi kalau kita
bayangkan 1000 tahun mendatang dimana  bisa saja bahasa indonesia yang kita
gunakan saat ini sudah tidak dikenal lagi oleh orang Indonesia dimasa yang akan
datang.
hal itu berbeda dengan bahasa Al Quran yang masih memiliki keontentikan
sebagaimana yang pernah /telah kita uji dan teruji.....

kendala berikutnya adalah, bagaimana seorang muslim mampu membedakan ayat2
taurat dan Injil yang masih terbilang orsinil, untuk  bisa diaplikasikan dalam
kehidupan mereka, ini tentu akan memerlukan penelaahan yang panjang...

> 2."Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah( Taurat,Injil,
Alquran ) dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu.
Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi
kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah
mengumpulkan antara kita dan kepada-Nya lah kembali (kita)"QS
42:15,QS12.: 111 ,QS2:(285) ,QS2: (136) QS.3:84,QS.4: 150.QS
3:3.

Sama kita ketahui...Muhammad
tidak menyatakan bahwa dia memperkenalkan
Tuhan
baru dan memperkenalkan ajaran baru,  Misi yang diemban adalah menuntun Umat
manusia menuju pemahaman keluarga
Ibrahim yang “ditunjuki kepada jalan yang benar”. Ibrahim, nabi pertama yang
menerima wahyu bahwa hanya ada satu Tuhan Yang
Mahakuasa.Muhammad menyadari benar bahwa Ajaran yang diterimanya adalah ajaran
yang dahulu dibawa oleh para pendahulunya, mulai dari Ibrahim, Musa, Daud,  Isa
dan anak cucunya yang menurunkan bangsa Yahudi dan merekalah bangsa yang
pertama kali berpegang teguh pada ajaran monotheism.
untuk itulah ayat yang anda kutip pada point 2 membukitkan..., bahwa keimanan
kepada Kitab2 sebelumnya hanya menyentuh pada ajaran monotheism dan rasa
keadilan yang tentu saja akan sulit kita temukan pada Taurat dan Injil Versi
yang kita miliki sekarang.....

perbedaan berbagai aliran/sekte/faham bukan lagi menjadi masalah dalam
kehidupan kita.....  yang diperlukan saat ini adalah, "Kesadaran" untuk
menerima perbedaan perbedaan dengan mengaplikasikan Alquran secara benar dalam
kehidupan, dan sharing mengenai pandangan-pandangan yang selama ini terlanjur
keliru menilai, memahami dan mengaplikasikan ajaran Islam.
sehingga Rahmatan Lil Alamin, bukanlah menjadi barang impian semata.

Maka kepada
perkataan apakah selain al-Qur’an ini mereka akan beriman (QS. 77:50)