mas dwi dan teman teman yang lain.  berikut ini saya fw kan klarifikasi dari
oom tomi (yg ngirim oom satrio arismunandar juga)

From: Tomi Satryatomo <wisa...@gmail.com>
Date: Thursday, April 29, 2010, 8:37 PM
From: Arie Novarina <arienovar...@yahoo.com>
Subject: klarifikasi [jurnalisme] Istana larang Jilbab Untuk Reporter
AntaraTV
To: jurnali...@yahoogroups.com
Date: Thursday, April 29, 2010, 7:23 AM
  ini klarifikasi dr ANTARA, untuk mendudukkan permasalahan pd tempatnya
saja
*don't kill me, just a messenger* :)
(http://antaranews. com/berita/ 1272529530/ antara-tidak- ada-larangan-
berjilbab- oleh-istana)
ANTARA: Tidak Ada Larangan Berjilbab oleh Istana
Kamis, 29 April 2010 15:25 WIB | Peristiwa | Umum | Dibaca 800 kali
Jakarta
(ANTARA News) - Pemimpin Redaksi LKBN ANTARA Saiful Hadi mengatakan,
pihaknya tidak pernah mendapatkan tekanan sama sekali dari pihak
protokol Istana saat mewawancarai Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono
terkait dengan peringatan Hari Kartini.
Saiful Hadi mengemukakan
hal itu di Jakarta, Kamis, sehubungan dengan munculnya tulisan Rachmad
Yuliadi Nasir dalam blog Kompasiana.com yang berjudul "Istana Larang
Jilbab Untuk Reporter ANTARA TV".
Tulisan tersebut kemudian berkembang menjadi berita yang muncul di sejumlah
forum dan milis serta jejaring sosial lainnya.
"Tulisan tersebut jelas-jelas fitnah dan sengaja dikembangkan oleh
orang-orang yang ingin ambil keuntungan dengan memanfaatkan isu agama,"
kata Saiful Hadi.
Saiful menerangkan, menurut penjelasan Siti Zulaikha, wartawati ANTARA
TV yang mewawancarai Ani Yudhoyono, yang bersangkutan diketahui sering
membuka jilbab dalam beberapa kali kegiatan yang terkait dengan
peliputan.
"Misalnya dalam liputan World Ocean Conference yang berlangsung di
Manado beberapa waktu lalu dan juga beberapa liputan lainnya," katanya.
Lebih jauh Saiful mengatakan, persoalan ini merupakan urusan pribadi
yang bersangkutan dengan keyakinannya sendiri, sehingga isu yang
disampaikan itu sudah mengarah pada fitnah dan sudah melanggar segi
etika.
"Kami berharap saudara Rachmad meminta maaf terkait tulisannya yang
tendensius karena sudah mengarah pada fitnah," demikian Saiful Hadi.
Penjelasan Zulaikha
Sementara itu, Siti Zulaikha sendiri mengatakan, ada tiga hal yang harus
disampaikan terkait persoalan ini.
Pertama,
tidak adanya tekanan dari mana pun saat mewawancarai Ibu Negara Ani
Yudhyono. Kedua, dirinya tidak mengenal saudara Rachmad Yuliadi Nasir
dan ketiga, tidak akuratnya komentar dari saudara Rachmad sendiri.
"Saya sendiri yang memutuskan untuk menggunakan busana formal tanpa
jilbab saat wawancara. Jadi tidak ada tekanan dari mana pun, termasuk
pihak protokoler Istana atau pun lembaga tempat saya bekerja," kata
Zulaikha yang sehari-hari merupakan asisten produser di ANTARA TV.
Menyinggung soal pengakuannya yang stress akibat aturan protokoler
istana, Zulaikha menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak mengenal
Rachmad dan tidak pernah bertemu dengannya sehingga kutipan tersebut
sama sekali tidak dapat dipertanggungjawabk an.
Penjelasan ketiga, katanya, komentar Rachmad mengenai penampilannya
sama sekali tidak akurat, karena tanggal dan jam siarannya saja sudah
berbeda dengan kenyataannya.
Kru ANTARA TV mewawancarai Ibu Negara terkait dengan peringatan Hari
Kartini, mengingat ibu negara merupakan simbol perempuan Indonesia,
khususnya pada abad 21.
Acara talkshow tersebut ditayangkan pada Selasa, 20 April 2010 di SUN TV
pada pukul 19.00 WIB, dan TVRI pukul 21.00 WIB.
(B011/S026)
COPYRIGHT © 2010
Arie Novarina
Wartawan
Kantor Berita ANTARA
Wisma ANTARA Lt.20
HP: 081386697143
2010/4/29 cak lis <cak...@yahoo.com>
dari milis sebelah :)
--- On Wed, 4/28/10, Satrio Arismunandar <satrioarismunan...@yahoo.com>
wrote:
From: Satrio Arismunandar <satrioarismunan...@yahoo.com>
Date: Wednesday, April 28, 2010, 11:32 PM


Istana larang Jilbab Untuk Reporter AntaraTV

2010/4/30 Dwi Soegardi <soega...@gmail.com>

>
>
> itu sumbernya kompasiana.com, sebuah situs blog (emang ada hubungan
> dengan kompas ya?)
>
> lagian cak lis kan bilang "dari milis sebelah :)" dengan emoticon
> (lha wong dari blog, kok gitu aja ngambil dari milis sebelah ....)
> emoticon maksude apa ya, senyum-senyum memprovokasi kali ya hehehe
>
> 2010/4/30 Ari Condro <masar...@gmail.com <masarcon%40gmail.com>>:
>
> > udah ada konfirmasinya yang dikirim sama mas tomi satriatomo (suaminya
> helvy
> > tiana rosa) kalau berita larangan berjilbab itu tidak bener.  gimana nih,
> > cak lis ? mosok wartawan suara hidayatullah kagak pakai crosscheck sumber
> > berita ???  :p
> >
> >
> >
> > 2010/4/30 Muhkito A <muhk...@web.de <muhkito%40web.de>>
> >
> >>
> >>
> >> Menyedihkan. Kebiasaan mempercayai dan menyebarkan hoax kok dipiara...
> >>
> >> Klarifikasi ANTARA:
> >>
> http://www.antaranews.com/berita/1272529530/antara-tidak-ada-larangan-berjilbab-oleh-istana
> >>
> >>
> >> --- In 
> >> wanita-muslimah@yahoogroups.com<wanita-muslimah%40yahoogroups.com><wanita-muslimah%
> 40yahoogroups.com>,
>
> >> cak lis <cak...@...> wrote:
> >> >
> >> > dari milis sebelah :)
> >> >
> >> > --- On Wed, 4/28/10, Satrio Arismunandar <satrioarismunan...@...>
> wrote:
> >> >
> >> > From: Satrio Arismunandar <satrioarismunan...@...>
> >>
> >> > Subject: [syiar-islam] Istana larang Jilbab Untuk Reporter AntaraTV
> >> > To: "news Trans TV" 
> >> > <news-tran...@yahoogroups.com<news-transtv%40yahoogroups.com>
> <news-transtv%40yahoogroups.com>>,
> >> "Syiar Islam" 
> >> <syiar-is...@yahoogroups.com<syiar-islam%40yahoogroups.com><syiar-islam%
> 40yahoogroups.com>>,
> >> "HMI Kahmi Pro Network" 
> >> <kahmi_pro_netw...@yahoogroups.com<kahmi_pro_network%40yahoogroups.com>
> <kahmi_pro_network%40yahoogroups.com>>,
> >> "naratama naratama" 
> >> <naratam...@yahoogroups.com<naratamatv%40yahoogroups.com>
> <naratamatv%40yahoogroups.com>>,
> >> "kampus tiga" 
> >> <kampus-t...@yahoogroups.com<kampus-tiga%40yahoogroups.com><kampus-tiga%
> 40yahoogroups.com>>,
> >> "pantau" 
> >> <pantau-komuni...@yahoogroups.com<pantau-komunitas%40yahoogroups.com>
> <pantau-komunitas%40yahoogroups.com>
>
> >> >
> >> > Date: Wednesday, April 28, 2010, 11:32 PM
> >> >
> >>
> >>
> >>
> >
> >
> >
> > --
> > salam,
> > Ari
>
> >
> >
> > [Non-text portions of this message have been removed]
> >
> >
> >
> > ------------------------------------
>
> >
> > =======================
> > Milis Wanita Muslimah
> > Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
> > Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
> > Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
> > ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
> > Kirim Posting 
> > mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com<wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
> > Berhenti 
> > mailto:wanita-muslimah-unsubscr...@yahoogroups.com<wanita-muslimah-unsubscribe%40yahoogroups.com>
> > Milis Keluarga Sejahtera 
> > mailto:keluarga-sejaht...@yahoogroups.com<keluarga-sejahtera%40yahoogroups.com>
> > Milis Anak Muda Islam 
> > mailto:majelism...@yahoogroups.com<majelismuda%40yahoogroups.com>
> >
> > Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links
> >
> >
> >
> >
>
> 
>



-- 
salam,
Ari


[Non-text portions of this message have been removed]



------------------------------------

=======================
Milis Wanita Muslimah
Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun masyarakat.
Twitter: http://twitter.com/wanita_muslimah
Situs Web: http://www.wanita-muslimah.com
ARSIP DISKUSI : http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/messages
Kirim Posting mailto:wanita-muslimah@yahoogroups.com
Berhenti mailto:wanita-muslimah-unsubscr...@yahoogroups.com
Milis Keluarga Sejahtera mailto:keluarga-sejaht...@yahoogroups.com
Milis Anak Muda Islam mailto:majelism...@yahoogroups.com

Milis ini tidak menerima attachment.Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/wanita-muslimah/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    wanita-muslimah-dig...@yahoogroups.com 
    wanita-muslimah-fullfeatu...@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    wanita-muslimah-unsubscr...@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Kirim email ke