Menurut saya, yg lebih mudah adalah berpatokan pada ayat:
38:72. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya
roh-Ku;
maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya".

Roh itu ditiupkan, tidak diciptakan, thus Roh adalah abadi.
Itu sebab para malaikat diminta bersujud pada Adam yang telah ditiupkan Roh
padanya.
karena Roh secara level lebih tinggi dari malaikat, tapi Roh bukan mahluk.
kalau bukan mahluk, lalu apakah Roh? Allah menerangkan:
 17:85. Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh.
Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi
pengetahuan melainkan sedikit".

Perumpamaan sederhana tentang roh adalah dengan memperhatikan unsur alam ini,
contohnya adalah api, air, cahaya
apakah api bisa dibilang hanya 1 atau banyak?
apakah ada 1 cahaya atau banyak?
matahari menyinari dunia.
sumber energinya 1 yaitu matahari, tapi sinar/cahayanya banyak. dan cahaya
memiliki banyak frekwensi.
perumpamaan Allah adalah matahari, roh adalah cahaya/nur illahi, dan dari
cahaya diciptakanlah malaikat.
sedang manusia hanyalah benda mati yg ditiupkan roh/ diberi nur illahi dan
menjadi hidup.

Ini pemahaman saya. kalau berbeda ya tidak apa2.. toh masih sama2 sedang cari
kebenaran..