Assalamu 'alaikum wr. wb
Bismilahirrahmanirrahiim

Di dalam menyampaikan dakwah, kita tidak terlepas dari
perdebatan. Bahkan perdebatan itu terkadang sampai
melukai hati orang lain. Akhirnya, apakah perdebatan yang
kita lakukan itu adalah menuju kebaikan ?

Mengutip dari buku yang pernah saya baca,Berdebat
bisa dibagi menjadi 2 kategori
:

1] DEBAT TERPUJI, yaitu perdebatan yang ditujukan
untuk kebaikan, yakni berdebatdengan pihak-pihak
yang diharapkan kembali dari kebathilan kepada kebenaran.

Firman Allah SWT surah An-Nahl :125 yang artinya :
"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan
hikmah dan pelajaran yang baik
dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.
Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang
lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari
jalan-Nya dan Dialah yanglebih mengetahui orang-orang
yang mendapat petunjuk.

Surah Al-'Ankabut:46 yang artinya :
"Dan janganlah kamu berdebat dengan ahli
kitab, melainkan dengan cara yang paling baik."

2] DEBAT TERCELA, yaitu perdebatan yang tidak
dimaksudkan untuk sampai kepada
kebenaran dan melaksanakannya, melainkan semata-mata
ditujukan untuk permusuhan dan memuaskan kemarahan
terhadap orang lain.

Debat kusir akan memperlihatkan image muslim yang UGLY,
sering kita sebutseperti itu.
Dan ini merupakan salah satu perdebatan tercela.
Hindarilah perdebatan tercela karena akan bisa menyebabkan
hilangnya kebaikan.

"Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu
melainkan dengan maksud
membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang
suka bertengkar." (Az-Zukhruf:58)

Dan dari perdebatan ini juga akan muncul permusuhan.
Apakah kita ingin mencari
musuh dengan berdebat ?? Na'udzubillah min dzalik.
Apa keuntungannya setelah itu
? Wallahu 'alam bissawab.

PERBEDAAN ITU SEHARUSNYA MEMBAWA ILMU,dan BERKAH.

Bukan saya orang yang "takut" berdebat,
tapi alangkah baiknya jika kita berdebat
secara terpuji. Hindarkan "personal attack",
tetap dlm topik.

Insya Allah tulisan saya ini tidak menimbulkan
"perdebatan tercela". Senyummanis

wassalamu 'alaikum wr.wb

Contoh perdebatan yang baik itu seperti Obama(liberal) dan John Mc Cain
(Fundamentalis)

Setelah selesai berdebat panjang selama 1 tahun, tapi hatinya tetap berteman
sampai hari ini.

IT IS REALLY COOL---ISLAMI.

Bagaimana kita.apakah kita tidak tertarik demikian?
Itulah masarakat dewasa, bukan anak2 yg suka berkelahi..