Dwi Soegardi,------------------Bismilahirrahmanirrahiim.

Begini, ada perbedaan;

1. Orang2 yang mempercayai tafsiran Ibnu Katsir..tidak membandingkan
dgn tafsiran2 lainnya..cara yg beginilah yg syrik.Seolah2 Ibnu Katsir
itu seorang yang suci...terrnyata dia seorang manusia bias dan lagi
Dia itu sudah meninggal dunia,begitu pula ulama2, Khalifah2 yg dijadikannya
sebagi rujukan....Ibnu Katsir bisa saja==mengatasnamakan khalifah ini dan itu
berkata....

Begitu juga ulama2 Arab yg menulis kitab Tafsir ini, mengatasnamakan
Ibnu Katsir...belum tentu Tafsiran 100% Ibnu katsir..
Bisakah dwi mengerti sampai disini? Bisa bukan?

Sedangkan saya, dlm mengambil tafsiran atau translation...bukan satu
orang saja.....dari beberapa2 orang..kmd kita pikirkan dan kita periksa dgn al
Quran...baru kita putuskan.....jadi ada usaha dari kita sendiri..

Yang syirik itu adalah menganggap seseorang itu benar semua..tanpa
ada skeptis atau kecurigaan atas kesalahan seorang manusia..

Bisakah dwi membedakan nya itu?

Jadi tidak boleh dijakan manusia itu Tuhan....tanpa ada periksaan
dari kita.....

Kan sering kita dengan;-----itukan Hadits Muslim dan Bukhari pasti saihi
....katanya.

Kan itu Tafsiran Ibnu Katsir...pasti benar semua....katanya.

Cara berpikir seperti itu yg mudah sesat..

salam