----- Original Message -----
From: "Abdul Muiz" <mui...@yahoo.com>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Friday, July 09, 2010 21:59
Subject: Re: Bls: [wanita-muslimah] Luna Maya Minta Maaf Atas Beredarnya Video
Mesum

Yusuf suami cut tari yang membiarkan istrinya disetubuhi orang lain menurut
abah HMNA adalah orang yang tidak punya harga diri memang ada benarnya, paling
tidak dari tradisi makassar, namu ini kan dilihat dari sudut pandang orang luar.

Kita tidak tahu persis mengapa Yusuf membiarkan istrinya disetubuhi ariel,
boleh jadi jawaban spekulatifnya (karena saya tidak persis kelakuan yusuf di
belakang sang istri), karena memang Yusuf juga biasa berselingkuh alias biasa
berzina sehingga giliran istrinya berzina ya setali tiga uanglah, boro-boro mau
bicara harga diri, mereka adalah orang-orang yang jujur jujur atas sebuah
ketidaksetiaan alias sama-sama jujur tidak perlu menghormati lembaga pernikahan
yang suci. (wah, wah wah, kok jadi ghibah ya ? astaghfirullahal adziim ?).
################################################################
HMNA:
Itu bukan ghibah. Dari Fatimah binti Qois RAnha dia berkata
  "Aku pernah mendatangi Nabi lalu aku berkata : Sesungguhnya Abu Jahm dan
Mu'awiyah telah melamarku? Maka Rasulullah mengatakan : "Adapun Mu'awiyah dia
itu miskin tidak punya harta dan adapun Abu Jahm maka dia itu tidak pernah
menaruh tongkat dari pundaknya (sering memukul perempuan)." (HR. Muslim 1480).
  Hadits ini menjelaskan bolehnya mengungkap yang negatif dari seseorang dengan
tujuan untuk memberi nasihat.

  Pernah seseorang berkata kepada Imam Ahmad : "Aku merasa berat jika
mengatakan si fulan itu demikian dan demikian. Maka Imam Ahmad mengatakan:
"jika engkau diam dan akupun juga diam maka kapan ummat bisa tahu agar
berhati-hati terhadap si fulan itu."

  Demikianlah mengungkap kejelekan seseorang itu bukan ghibah apabila untuk
tujuan yang benar, yang tidak mungkin tujuan itu tercapai kecuali dengan
mengungkap kejelekan tersebut.

Jadi membicarakan Yusuf yang mempunyai sifat negatif bukanlah ghibah, karena
dibicarakan disini dengan tujuan menyampaikan nasihat bahwa orang yang besifat
tidak punya harga diri jangan dijadikan idola.