-----Original Message-----
From: al...@yahoo.com
Date: Sun, 11 Jul 2010 14:59:28
To: Waluya<waluya2...@gmail.com>
Subject: Re: Khilafah dan Khalifah <=Re: Trik-trik Penyusupan Neo-Marxisme <=
Re: mesttinya ranggas <= Re: [wanita-muslimah] FPI Akan Bongkar Patung Naga di
Kota

Subordinasi di sini maksudnya negara yg lebih kecil, minta bantuan yang lebih
besar. Menurut catatan sejarah aceh emang mendeklarasikan kesetiaan kepada
turki abad 16, tapi tetep independen donk.  istilahnya emang lazimnya disebut
vassal. Ini catatan paper dari peserta conferensi ICAIOS 2007 di banda aceh,
yang dipimpin prof. Anthony Reid.
Dikatakan bahwa ringkasnya Turki nggak bisa intense bantu aceh, tapi pelatihan
militer yang didatangkan sekali itu sangat berkesan pada orang aceh, salah satu
lulusannya Malahayati.

Sekali lagi kesan dari sumber itu mengatakan bahwa aceh yg ngebet, turkinya sih
nggak karena kejauhan dan mungkin kurang nilai tambahnya. Malahan turki
mendelegasikan otoritas di hejaz dan yemen utk urus aceh.

Jadi turki juga mungkin nggak terlalu peduli apa penguasa aceh itu perempuan
melulu. Ato ini yg membuat mereka malas meningkatkan hubungan, merasa nggak
level gitu lo? Tapi perlu diinget juga sih, penguasa turki kan gaya hidupnya
liberal pragmatis kapitalis hehe, walaupun deeply conservative thd tradisinya
sendiri.. Jadi apa mereka peduli perbedaan mazhab di tempat lain?

Salam
Mia