From: "Waluya" <wal...@plasa.com>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Tue, 20 Jul 2010 13:23:25
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: [wanita-muslimah] Re: Allah Tidak Tidur

> "TEdJO stSabri" <x1...@...> wrote:
> Dalam skala pemikiran manusia, tidak pantaskah seorang Mahatma
> Gandhi menikmati Surga (?)

Saya mau berbagi cerita nih sedikit, boleh kan? Kajadiannya di akhir 1990'an,
anak saya yang nomor dua, yang waktu itu umurnya 7 tahun (kelas 2 SD) kena
demam berdarah, dan harus di opname. Dokter anak yang menangani anak saya,
mengharuskan anak saya ditransfusi thrombosit. Nah ini celakanya, Rumah Sakit
tidak menyediakan, harus cari sendiri ke PMI. Waktu di PMI, baru saya tahu,
bahwa thrombosit itu harus diambil dari darah segar (baru diambil), bukan dari
darah yang disimpan. Jadi harus menunggu donor darah yang datang atau membawa
orang yang akan diambil darahnya.

Yang namanya mencari "darah segar", susahnya setengah mati  sampai harus
diumumkan di radio. Dan itupun saya harus menunggu lama sekali, berjam-jam dari
jam 10 pagi, panik dan rasanya hampir frustasi. Tapi pertolongan akhirnya
datang. Kira-kira jam 10 malam, ada yang datang karena mendengar pengumuman
dari radio. Seorang laki-laki, umurnya sekitar 40 tahun, datang dengan memakai
celana pendek dan kaos olahraga, katanya pas habis pulang olah raga dia
mendengar di radio mobilnya ada yang perlu darah segolongan dengan dia, jadi
langsung ke PMI.

Betapa leganya hati saya tapi karena panik, saya sampai lupa menanyai siapa
beliau ini yang dengan susah payah datang malam-malam, hanya untuk menolong
orang lain yang tidak dia kenal sama sekali. Saya baru sadar bahwa saya itu
orang tidak tahu terimakasih ketika beliau sudah pulang, dan darahnya sedang
diproses. Akhirnya saya menanyai petugas PMI, siapa beliau itu.

"Oh Pak X, dia itu dari gereja X di Cimahi, donor darah langganan di sini",
kata petugas PMI itu, acuh tak acuh seolah-olah cuma kejadian biasa.

Tapi tidak bagi saya, jawaban petugas PMI ini membikin mulut saya ternganga,
terkejut. Tidak menyangka sama sekali yang menolong anak saya itu orang
Nasrani. Mungkin bagi orang lain hal ini biasa saja, tapi bagi saya yang
dibesarkan di suatu kampung di Jawa Barat yang serba homogen, yang hampir tidak
mengenal perbedaan, kejadian ini mengubah sama sekali stereotip yang terbentuk
terhadap yang "tidak sama".

Sampai sekarangpun saya masih bertanya-tanya, bolehkan saya berdoa kepada orang
yang tidak saya kenal itu, supaya dia selamat dunia dan akhirat, sebagai tanda
terimakasih saya?

Salam,
WALUYA