Kang Donnie,

Open Source itu asal muasalnya dari dunia software, tapi sekarang sudah jadi
FILOSOFI.

Hard Ware itu juga banyak yang OPEN SOURCE, artinya "cara kerja" Hardware tsb
dibuka agar bisa diakses publik, sehingga siapa saja yang mampu bisa membuat
"drivernya".

Dengan bahasa lebih sederhana, Lenovo merakit dan membuat HARDWARE, hardware
lenovo ini sudah didesain untuk bisa menerima software apa saja, bila
prosesornya Intel, maka malah bisa di-install OSX for Intel. Nah kalo Apple
(dalam hal ini macBook), hardware-nya "Hanya bisa" diinstall OSX, bisa dan
jalan di-install Linux, tapi bootingnya 40 detik :=(( 40 detik booting itu buat
hacker dan aktivis open-source termasyk suck. Ubuntu Lucid Lynx didesain untuk
bisa booting 10 detik. Tapi diinstall di MacBook, booting 40 detik ditambah
nunggu dengan melihat layar putih kosong sekitar 25 detik :D

Terus umur battery MacBook dengan OSX lebih panjang dibanding MacBook dengan
Linux (openSource), karena developer linux tidak bener-bener tahu bagaimana
mekanisme kerja batery tsb sehingga ketika nulis program power manager ya pakai
slogan "mari kita tebak rame-rame"

Di Dunia Modem (Jaman dial up) dikenal istilah WINMODEM, nama generikynya
SOFT-MODEM, ini modem yang menyerahkan 60% pekerjaannya pada software, dan
vendornya hanya membuka "cara kerja" modem tsb kepada Microsoft, sehingga hanya
os windows yang dengan tepat bisa memiliki driver untuk modem tsb. Akibatnya
Linux user, sinthing ngoprek driver untuk modem tsb. Teknologi ini membuat
harga modem jadi sangat murah (sekitar USD 9). vendor chipset model ini paling
beken LUCENT TECHNOLOGY, tapi akhirnya bangkrut dan dibeli oleh Agere.

Dulu produsen chipset broadcom juga mengunci cara kerja hardwarenya dan hanya
membuka ke microsoft, tapi kini Broadcom bahkan mengirim engineer mereka ke Tim
Linux kernel, sehingga mulai kernel 2.6.30 chipset Broadcom langsung mak-nyuss
ditambah mereka menyedian source code driver broadcom, sekarang ada dua versi
driver broadcom satu produksi sang vendor satu lagi hasil pengembangan
pengembang opensource. Langkah ini diikuti ATHEROS.

kalo Intel dari jaman baheula mendukung open source, skarang mereka malah kerja
sama dengan Nokia (maemo) merilis meego. Linuxer kalo beli PC selalu milih yang
semua intel :d

Apple itu juga Number One in Design, design produk mereka sangat ciamik dan
jadi trend-setter. Liat aja berapa puluh produsen handset menjiplak begitu saja
model iPhone.

salam
./STS