On 08/02/2010 11:21 AM, al...@yahoo.com wrote:

> Ada yang mau ngobrol ttg konsep CPR kah? Apakah model bali, baduy dalam,
> peternakan di NTB itu termasuk CPR? Apakah model pertanian di nusantara
> ini dulunya CPR? Gimana hubungannya dg hak kepemilikan? Jaman sekarang
> mau menjadikan kepemilikan pribadi sbg CPR, gimana mulainnya. Aku pusing
> baca teorinya Ostrom ini, tapi mau mengaplikasikannya.
> Apakah internet/milis ini bentuk kelembagaan informal CPR,misalnya?
> Salam
> Mia

Dear Mia,

CPR, menurut aku sih "local wise" yang saat ini sudah terkikis habis
dengan konsep-konsep modern, apalagi dengan masuknya "Kapitalisme".
Sisa-sisa CPR masih tertinggal di desa-desa pelosok Pulau Jawa, seperti
Pekalongan bagian selatan dimana "sumber air" merupakan CPR, dan
masyarakat setempat memiliki "aturan" tersendiri untuk berbagi air.
Ini-pun dengan asumsu, pemahaman CPR-ku benar.

Barangkali kalo mau didiskusikan, Mia menyampaikan dulu CPR itu apa dan
bagaimana implementasinya, setelah audiens memiliki pandangan baru bisa
diskusi. Bisa saja setelahnya kita semua diskusi offline di Plaza
Semanggi misalnya.

BTW, pengen diskusi ini apakah rencana membeli 3,000 ekor sapi dan
dipiara di sumba akan di-realisasikan (?) mungkin Mia mau menyaingi
Khalid ibn Walid yang setelah masa perang dan ketrampilan perangnya
tidak dimanfaatkan lagi menjadi peternak Onta

wassalam
./sts

Ovi Mail: Making email access easy
http://mail.ovi.com