Secara sosiologis konstruk sosial kan berevolusi. Pada jaman hunter gatherer,
manusia bekerja dalam kelompok (pack), tidak ada konsep keluarga. Wanita punya
posisi lebih tinggi karena dia adalah kunci kelangsungan hidup kelompok, gak
ada wanita, kelompok itu gak ada garis keturunan.
Pada masa mulai bercocok tanam, laki2 bisa mengakumulasi properti, mereka
kemudian mempunyai kepentingan untuk mewariskan propertinya ke garis
keturunannya, mulailah timbul konsep keluarga.

Dan konstruksi peran seksual saya rasa juga berevolusi paralel dengan gelombang
peradaban tersebut.

Sampeyan melihatnya menjadi tidak basyariyah, karena menggunakan frame berpikir
agama semit yang muncul jauh kemudian hari setelah paganisme berkembang. Karena
definisi basyariyah dan dimensi roh yang sampeyan pakai adalah definisi dalam
frame agama semit.

Terlepas dari konsep basyariah yang sampeyan pake dan juga pertanyaan apakah
ada makhluq lain selain adam dan keturunannya punya konstruk sosial yang beda
sekali dengan kaum abrahamik, bukti sejarah menunjukkan yang sebaliknya. Lihat
di wikipedia tentang kultur greek dan romawi pra masehi, maka banyak konstruksi
sosial yang tidak "basyariah", bahkan ada istilah sacred prostitute.

Dulu pernah ada dokumentari di Natgeo tentang penemuan arkeologis di roma
jaman2 perang dunia, dimana di sebuah situs ditemukan banyak sekali lukisan
tentang berbagai macam aktivitas sex di berbagai tempat dan berbagai kegiatan,
sampai para arkeolog pada waktu itu sangat terkejut dengan penemuan mereka dan
memutuskan menutup kembali situs tersebut karena dianggap sesuatu yang amoral,
sampai beberapa puluh tahun kemudian dilakukan ekskavasi ulang.

Apakah kemudian kaum greek dan romawi adalah mahluk lain selain adam dan
keturunannya, karena cara pandang dan konstruksi sosial (juga seksual) mereka
berbeda dengan kaum semitik?

:D