Insya Allah, dengan berpikir secara jujur nawaytunya bismillah, kita optimis
bahwa Allah akan membantu kita untuk mendapatkan hidayah-Nya, Allah tidak akan
membiarkan hamba-Nya bingung :).

Seringkali kalau kita bertanya tentang qur'an sudah langsung divonis simpan
dulu deh aqalmu imani saja, take it or leave it. Padahal seruan la'allakum
ta'qilun (tatafakkarun, ta'lamun) amat sering didengungkan qur'an.

Pertanyaan tetang, "mana ayat qur'an yang merespons kasus Arab dan mana ayat
qur'an yang  berlaku universal tanpa terikat kultur manapun" adalah pertanyaan
riel, wajar, tidak ada yang aneh. Kita bisa setuju atau bisa tidak setuju
pemilhan tsb adalah kembali kepada diri kita sendiri. Pertanyaan itu kudu
dijawab, kalau tidak dijawab atau hanya divonis itu kan pertanyaan aqal yang
mendegradasi wahyu mana mungkin mampu menangkis reasoning orang atheist atau
agnostics ??

Kalau kita yakin bahwa qur'an turun ke bumi tidak hampa budaya, maka menurut
hemat saya kita akan makin terbuka untuk menjawab pertanyaan tentang response
al qur'an terhadap setiap problematika yang muncul di era Nabi Muhammad SAW.
Jelas sekali al qur'an itu diturunkan dengan menurut bahasa kaumnya ini
dinyatakan secara tegas dan eksplisit di QS 16:103. Akan terasa aneh kalau Nabi
Muhammad yang dilahirkan di tanah arab dibesarkan di tanah arab hidup bergaul
dengan arab lantas wahyu Allah turun dengan bahasa India, inggris atau
indonesia misalnya ya jelas tidak akan nyambung dengan bahasa kaumnya Nabi
Muhammad. Sampai di sini kita paham dan setuju. Ok, kita lanjutkan bahwa dari
segi asbabun nuzul yakni sebab-sebab turunnya ayat amat membantu sekali bagi
kita generasi berikutnya untuk memahami secara historis suatu ayat al qur'an.
Mari kita bahas beberapa ayat :

1) ayat-ayat jilbab adalah meresponse kasus ganggunan yang menimpa perempuan
muslim (yang berpakaian terbuka) dari orang-orang quresy yang mendapatkan
protes kaum muslimin, yang dijawab dengan santun oleh sang penggangu, "maaf
saya mengira dia adalah budak" maka turunlah ayat, "Hai Nabi katakanlah kepada
isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min:
"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian
itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.
Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang" (QS 33:59). Seringkali
orang yang mewajibkan jilbab tidak membaca ayat ini secara utuh hanya berhenti
pada redaksi "hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka"
ayat selanjutnya tidak dibaca, "supaya mereka lebih mudah untuk dikenal".
Akibatnya ada pemahaman yang tidak utuh. Coba simak asbabun nuzul ayat tsb,
kultur arab pada masa itu orang yang berpakain terbuka seperti kalangan budak
adalah hal yang lumrah menjadi obyek gangguan usil kaum pria, bagaimana dengan
perempuan arab yang merdeka alias tidak budak ? ya berpakaian tertutup, kecuali
yang berprofesi sebagai pelacur. Itulah sebabnya ketika seorang budak
berpakaian tertutup mengenakan jilbab dan auratnya ditutup rapat-rapat, ditegur
oleh Umar Bin Khattab, "Celaka engkau, apakau engkau berpakain jilbab itu
supaya engkau tidak disebut sebagai budak ?" dan menurut riwayat wanita budak
tsb menanggalkan jilbabnya. Perhatikan sikap umar, ini menunjukkan bahwa jilbab
adalah pakaian yang berfungsi sebagai "diffrensiasi" supaya kamu dapat dikenali
yakni bukan budak. Seharusnya kalau jilbab itu wajib bagi semua wanita mukminat
ya tidak diskriminatif seperti sikap Umar itu, persoalannya adalah apakah kita
setuju atau tidak dengan sikap Umar bin Khattab itu ?? Mari kita belajar tarikh
terkait qur'an.

Nah terkait dengan pakaian jilbab adalah kultur arab atau bukan ?? sebenarnya
jauh sebelum era Nabi Muhammad, wanita nasrani seperti biarawati itu ya
mengenakan penutup kepala yang mirip jilbab pula tetapi baik orang nasrani
maupun muslim kan juga sama-sama orang arab alias sama-sama bangsa smith
keturunan nabi ibrahim dari garis keturunan Ismail dan Ishak. Tentu saja Al
qur'an meresponse wanita mukminat menutup aurat ya dengan perintah "jilbab"
kalau diperintah dengan pakaian "gaun" kultur barat, "kebaya" kultur melayu,
"bodo" kultur celebes ya jelas gak nyambung apabila disampaikan pada kaum Nabi
Muhammad yang berkultur arab. Bayangkan kalau Nabi Muhammad itu lahir di tanah
melayu menerima wahyu untuk bangsa melayu, akankah al qur'an menggunakan
redaksi "jilbab" untuk orang melayu yang sudah akrab dengan budaya kebaya ??

2) Jannah yang seringkali diterjemahkan sebagai "Syurga" dalam bahasa indonesia
seringkali syurga diperumpamakan qur'an sebagai tempat yang mengalir
sungai-suangai di bawahya, dan diberikan aneka buah-buahan. Coba simak, "Dan
sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa
bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya.
Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka
mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi
buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang
suci dan mereka kekal di dalamnya" (QS 2:25).

Bayangkan kalau Nabi Muhammad itu di utus di India atau indonesia yang kaya
raya dengan air dan buah-buahan, akankah qur'an menggunakan perumpamaan serupa
"air yang mengalir dan aneka buah-buahan". Jelas sekali qur'an tidak hampa
budaya. Tahu betul psikologis orang arab yang hidup di tanah tandus gersang
apabila disentuh dengan sanksi dan reward ala jannah dan naar lengkap dengan
metofora di dalamnya adalah amat efektif, kendati orang seperti rabi'atul
adawiyah adalah perempuan yang dibesarkan di kultur arab tetapi berkesadaran
tinggi dengan konsep "mahabba" yang sudah melampaui batas normal dengan enteng
mengatakan, "neraka sudah aku padamkan dan syurga sudah aku bakar". Dari segi
filosofi kesadaran adalah hal yang dapat dipahami, tetapi seringkali dinilai
sesat dan menyesatkan.

Coba simak anekdote yang dipostingkan pak Chodjim beberapa waktu lalu tentang
dialog anak islam dan anak hindu :

anak islam : Syurga itu disediakan bagi orang islam, jadi kalau kamu ingin
masuk syurga ya masuk islam saja.
anak hindu : Aku juga punya syurga.
anak Islam : lho masak sih ?
anak hindu : ya dong, bahkan syurga orang hindu lebih indah daripada syurga
orang islam !!
anak islam : lho masak sih ?
anak hindu : syurga orang hindu kan dari India, sedangkan syurga orang islam
kan dari arab ? bandingkan himalaya di india yang panormanya serba indah dengan
tanah arab yang gersang dan tandus ??
anak islam : ????

Menurut hemat saya tidak ada yang salah kalau al qur'an memberikan tamsilan
syurga itu seperti apa ketika qur'an dikomunikasikan oleh Nabi Muhammad kepada
kaum arab yang hidup di padang pasir. Lantas ada yang salah ? ya yang salah
adalah yang memahami al qur'an sebatas textual belaka. Sehingga tidak mampu
menembus pesan ilahi yang universal yaitu sanksi dan reward adalah salah satu
bentuk keadilan Tuhan bagi hamba-Nya.

Nah ada yang komentar ?? Boleh kok setuju atau berpandangan lain ?? silakan
mari kita bersama-sama saling tawassaw bil haqqi wa tawassaw bis shobri. Jangan
takut dengan pandangan berbeda meskipun tentang al qur'an, karena kalau ada
yang mencoba mendekonstruksi, Allah akan mengirim hamba-Nya yang sanggup
merekonstruksi.

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan

Wassalam
Abdul Mu'iz