To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
From: linadah...@yahoo.com
Date: Wed, 25 Aug 2010 06:14:17 +0000
Subject: [wanita-muslimah] Re: Asmaul Husna bagi muslim - Jeff Lang (2/2)

Memperhatikan Nama-Nama Tuhan sekali lagi, timbul kebingungan baru. Karena
nama-nama ar-Rahman, ar-Rahim, ar-Rabb, Al-Maula/al-Wali, dan
al-Ghaffar/al-Gafur muncul sangat sering, kita pun mengira bahwa nama yang
tampaknya berhubungan dekat, al-Wadud, akan muncul dua kali lebih banyak. Jika
kita masukkan banyak penyebutan tentang cinta Tuhan atau tentang penarikan
cintaNya, maka kita merasa bahwa peningkatan jumlah nama tersebut memang tepat.
Akan tetapi, saat memeriksa dengan seksama, kita mengetahui bahwa cinta Tuhan
dalam AQ tidak universal, dan inilah sebenarnya yang membedakan sifat ini dari
sifat-sifat yang lain. Rahmat-Nya, misalnya, meliputi semua mahluk, termasuk
pada para pendosa (QS7:156; QS30:33-34, 35, 46; QS40:7, QS42:28); pemeliharaan
maupun pemberian-Nya berlaku untuk semua mahluk; Tuhan adalah satu-satunya
pelindung sejati bagi semua jiwa (QS2:107; QS6:62; QS10:30); Dia segera
menerima semua taubat yang ikhlas (QS4:110; QS13: 6; QS 39:53). Akan tetapi,
saat AQ berbicara tentang cinta Tuhan, ia menunjukkan suatu hubungan yang
sangat khusus, yang secara sengaja dimasuki oleh Tuhan dan manusia, suatu
hubungan yang menurut AQ, ditolak oleh sebagian besar manusia (QS17:89;
QS25:50, QS17:73). Walaupun rahmat, kasih-sayang, dan kepedulian Tuhan
menyinari semua umat manusia, namun hanya orang-orang yang kembali kepada-Nya
dan berjuang sepanjang hidup untuk menyerahkan dirinya kepada Dia yang akan
memperoleh ikatan cinta dengan-Nya. Cinta ini adalah cinta yang dapat dirasakan
bersama – cinta yang diterima dan diberikan – dan suatu keterlibatan bersama.
Karena hanya sedikit yang memilih untuk memasukinya, kita tidak perlu terkejut
dengant erbatasnya penggunaan nama al-Wadud dalam AQ,s ebab sekalipun hubungan
cinta dengan Tuhan tersedia bagi semua orang, kebanyakan manusia tidak mau
memasukinya.

Sekarang kita kembali ke pembahasan tentang apa yang Islam hajatkan dari
manusia. Selagi kita terus maju melalui AQ, kita, secara berkesinambungan,
diingatkan pada SIfat Sifat Tuhan dan sifat sifat bawaan dalam diri kita, yang
seharusnya ktia gali. Telah kitaketahui bahwa ada banyak titik temu antara
sifat-sifat Tuhan dan manusia, karena hamper semua kebajikan yang kita
kembangkan, melalui amal kebaikan kita untuk orang lain, memiliki asal-usul dan
kesempurnaannya pada Tuhan. Misalnya, kita harus lebih bermurah hati, ramah
tamah, berbuat baik, suka meamafkan, kasih-sayang, dermawan, beramal, luwes,
menjaga kehormatan, adil, berpengetahuan, amanah, dan bijaksana. Akan tetapi,
semua sifat ini bersumber dari Tuhan sebagai sifat-sifat kesempurnaanNya. Jadi,
dengan menumbuhkan sifat-sifat ini dalam diri kita, kita sebenarnya menjadi
semakin dekat – utk menggunakan istilah Qur'ani – kepada sumber sifat-sifat
tersbut yang tidak terbatas. Sebab itu, semakin kita memiliki sifat-sifat ini,
semakin kita mengenal Tuhan. Karena manusia memiliki kemungkinan mengalami dan
mendapatkan kebajikan2 ini pada tingkat yang lebih tinggi daripada mahluk lain,
merekapun memiliki potensi untuk berhubungan dengan Tuhan melalui jalan unik
yang akrab.

…

AQ mengabarkan kepada kita bahwa Tuhan meniupkan sesuatu dari ruhNya kepada
semua jiwa manusia (QS32:9). Hal ini memperlihatkan bahwa setiap manusia
membawa benih dari Sifat-Sifat Tuhan di dalam dirinya atau, dengan kata lain,
kebaikan2 yang dia rasakan tidak lain merupakan hembusan Nama-Nama Tuhan.
Konsep ini memperlihatkan bahwa semakin orang mengejar kebajikan maka semakin
besarlah kapasitasnya untuk merasakan ketuhanan, dijelaskan dalam sabda Nabi
SAW yang menyatakan bahwa semakin orang beriman tekun beribadah dan beramal
saleh, semakin bersihlah hatinya,
sehingga ia menjadi lebih siap menerima cahaya ilahiah, dan jika seseorang
melalaikan kedua hal tersebut, hatinya akan menjadi berkarat dan tidak mampu
menerima pencaharian ilahiah

wassalam,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina" <linadah...@...> wrote:

> Nama-Nama Allah, bagi kaum muslim, adalah suatu sarana untuk menuju cahaya
> Ilahi yang tidak terbatas. Dengan mengingat nama-nama itu, orang beriman akan
> berusaha untuk membuka hijab dan menghadap jiwa mereka kearah sumber akhir
> segala sesuatu. Pengetahuan tentang nama-nama itu merupakan hal esensial bila
> seseorang ingin memahami hubungan antara Tuhan dan manusia sebagaimana yang
> di kandung dalam AlQur'an (AQ) dan seperti yang dialam kaum muslim.
>
> AQ menampilkan dua potret, Tuhan dan aktivitas-NYA. Pada suatu sisi, Dia
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: