Mungkin pernyataan awal saya ke mas Sunny yang salah.

Sekarang kan kalau kita bilang "negara" ya maksudnya negara seperti yang
ada sekarang ini (nation-state). Seharusnya, kalau yang meniru nabi itu
adalah Khilafah 'ala minhajunnubuwah, jadi kekhilafahan seperti jaman
Rasul. Tadinya saya memang menganggap khilafah adalah salah satu bentuk
negara, tapi yang bukan nation-state seperti sekarang ini.. jadi memang
rancu.

Maksud saya sebenarnya adalah menjelaskan bahwa di bawah naungan
(negara) khilafah yang berdasarkan syariat Islam, orang berbeda agama
dibolehkan. Gitu...

Arab-saudi memang negara tapi bukan khilafah. Makanya pastinya beda.
Sekarang kan kekhilafahan seperti jaman Rasul itu tidak ada. Tapi Rasul
mengatakan bahwa itu akan berdiri lagi.. pasti.. insya Allah.

Wassalaam,

-Ning