From: donnie damana <donnie.dam...@gmail.com>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Fri, 3 Sep 2010 03:45:49
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: Re: [wanita-muslimah] SEKULERISME

Nation atau bukan, konsep state adalah serupa.. state adalah governing body
yang mengatur komunitas yang hidup dalam wilayah kewenangannya. Apapun bentuk
negara fungsi state adalah serupa.

Yang menjadi issue adalah, state yang so called ideologinya berdasarkan ajaran
Agama Islam dan menjalankan peran governingnya tidak sesuai dengan peran yang
ada ketika nabi mendirikan state  atau ketika kekhalifahan menjalankan  fungsi
state pada jamannya. Tapi state seperti Saudi mengklaim bahwa mereka
menjalankan peran negaranya sesuai ajaran nabi.

Dan ngobrol-ngobrol bentuk kekhalifahan sebagai bentuk state sebenarnya bentuk
negara yang sangat primitif. Yang dianut oleh bangsa Yahudi ribuan tahun
sebelum Islam lahir, yang dianut oleh bangsa Mesir kuno, yang dibentuk oleh
kaisar Constantine ketika menyatukan Kristen kedalam bentuk gereja katolik roma.

Apakah kita mau kembali kebentuk State yang sangat primitif tersebut yang masih
mengacu pada konsep tribalisme daripada citizenship?

:D