Hallo,

Saya ada rencana membuat web bilingual (dua bahasa atau lebih: English +
Jepang, China), masalahnya adalah untuk mengetikkan huruf Kanji/Jepang dan
Chinanya.

Apakah saya cukup menginstall Office Chinese/Japanese, tanpa perlu
menginstall Windows Chinese/Japanese untuk mengetik ? atau harus Windowsnya
Chinese/Japanese juga ?
Bagaimana juga dengan Corel atau Photoshopnya (untuk buat banner/button) ?
(rasanya belum pernah lihat di Indonesia Photoshop/Corel Chinese/Japanese)

Untuk mengetik huruf China selain menggunakan Keyboard saya pernah melihat
menggunakan pen power
Beberapa saat lalu saya pernah melihat di pameran: Pen Power, yang bisa
digunakan untuk menulis huruf mandarin/China, dengan cukup mudah bahkan ada
kamusnya.
Sebetulnya saya ingin yang bisa untuk menulis huruf Jepang juga,
- Apakah ada alat sejenis yang bisa menulis huruf Jepang ?, apa namanya dan
apakah bisa beli lokal ?
- Apakah keyboard yang ada character jepang kompatibel dengan PC biasa.
Berapa kira2 harga keyboard jepang dipasaran lokal (saya pernah lihat juga
yang kecil)
- Apakah penpower ini juga bisa untuk menggambar ? (misal untuk di corel
seperti tablet)

Saya mau tanya mengenai pen power
- Apa bedanya pen power junior dan pen power ?
- Berapa harganya masing2
- Apakah versi terbaru sudah mensupport huruf Jepang ?, apakah nantinya ada
rencana untuk support ?
- dan apakah kita bisa upgrade/download gratis ataukah harus ganti total ?
- Apakah ada rekan2 yang sudah pernah coba pakai ?, tolong komentarnya dong.

Adakah script atau cara paling mudah untuk deteksi negara/bahasa pengunjung,
kemudian langsung otomatis disajikan bahasa yang sesuai (misal dengan detect
IP) ?

Terima kasih

Utomo

* IndoWebForum Discussion http://www.indowebforum.com/